PENGARUH TERAPI MENDENGARKAN BACAAN AL-QUR' AN (AYATUSSYlFA) DAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA DENGAN HIPERTENSI DI KABUPATEN MALANG

Dimas Satrya Sukma Wijaya, - (2019) PENGARUH TERAPI MENDENGARKAN BACAAN AL-QUR' AN (AYATUSSYlFA) DAN RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP TEKANAN DARAH PADA LANJUT USIA DENGAN HIPERTENSI DI KABUPATEN MALANG. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH TERAPI- Dimas Satrya Sukma Wijaya.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendabuluan: Terapi mendengarkan Al-Qur'an dan Teknik Relaksasi Otot Progresif merupakan metode non-farrnakologi yang dapat menurunkan tekanan darah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengarub terapi mendengarkan bacaan Al-Qur'an (Ayalussyifa) dan relaksasi 0101 progresif terhadap tekanan darah pada penderita hipertensi. Metode: Penelitian ini menggunakan quasy-experimenl dengan pre lesl - posl lesl control group design dengan total sampel sebanyak 50 responden penderita hipertensi dengan menggunakan teknik non-probability sampling dengan tipe purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu terapi mendengarkan bacaan AIQur'an (Ayatussyifa) dan relaksasi otot progresif sedangkan variahel dependennya yaitu lekanan darab sislolik dan diastolik lansia dengan hipertensi dengan menggunakan lembar observasi sebagai instrument penelitiannya Analisis penelitian ini menggunakan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann-Whitney U Tesl (p=<O,05). Basil: Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pada kelompok perlakuan (sistolik p=O,OOO), (diastolik p=O,OOO). Hasil uji Mann Whitney kelompok perlakuan dan kontrol menunjukkan hasil Pre-Sistolik (p9l,739) dan Post-Sistolik (p=O,OO6) sedangkan Pre-Diastolik (p=O,OOl) dan Post-Diastolik (p=O,410). Diskusi: Terapi mendengarkan AI-Qur'an (Ayalussyifa) dan relaksasi otol progresif dapat menjadi stimulus baik yang dapat berpengaruh terhadap tekanan darab baik sislolik maupun diastolik pasien hipertensi. Perawat dapat memberikan terapi tersebut sebagai salah satu pilihan dalam menurunkan tekanan darah para lansia penderita hipertensi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Uncontrolled Keywords: HYPERTENSION
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Satrya Sukma Wijaya, -NIM 131811123024
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAbu Bakar, -NIDN-
UNSPECIFIEDErna Dwi Wahyuni, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 05 Feb 2024 01:23
Last Modified: 05 Feb 2024 01:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129992
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item