FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ANSIETAS PERAWAT DALAM MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN COVID-19 DI MASA SIAGA GELOMBANG TIGA PANDEMI COVID-19

ANITA RAHMAWATI, - (2022) FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN ANSIETAS PERAWAT DALAM MEMBERIKAN ASUHAN KEPERAWATAN PADA PASIEN COVID-19 DI MASA SIAGA GELOMBANG TIGA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
FAKTOR YANG BERHUBUNGAN - ANITA RAHMAWATI.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Introduction: Omicron mutasi virus COVID-19 yang diprediksi akan menjadi pemieu gelombang 3 yang dapat meningkatkan ansietas dan gangguan psikologis pada tenaga kesehatan, khususnya perawal. Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan faktor yang berhubungan dengan ansietas perawat dalam memberikan asuhan keperawatan pada masa siaga gelombang 3 pandemi covid-19. Method: Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah cross-sectional dengan total sampling sebanyak 70 perawat yang memberikan perawatan pada pasien COVID-19. Variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor internal dan faktor eksternal sedangkan variabel dependennya adalah kecemasan pada perawat. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar ceklist demografi, kuesioner pengetahuan, DASS-21 dan kuesioner konsep diri. Analisis data yang digunakan adalah uji spearman rho dengan nilai p< 0.05. Result and Analize: Berdasarkan hasil pengujian dengan menggunakan SPSS ditemukan bahwa factor internal yang tidak berhubungan dengan ansietas perawat adalah usia jenis kelamin, pendidikan, dan yang berhubungan adalah pengetahuan, komorbid, status vaksin dan konsep diri. Pada faktor eksternal ditemukan kesesuaian APD tidak berhubungan dan yang berhubungan adalah jaminan, penempatan unit kerja pembatasan sosia!. Discussion: Kecemasan yang dialami oleh perawat karena adanya KIPl akibat vaksin booster, insentif yang belum diterima, pembatasan kegiatan diskusi, belum diketahuinya fatalitas varian baru, penempatan kerja dengan beban kerja meningkat, merasa belum memiliki kemampuan dalam mengelola kasus COVID-19 dan sarana prasarana yang belum memadai. Sehingga diperlukan support system yang adekuat baik dari pemerintan maupun rumah sakit untuk perawat yang bertugas dalam penanganan COVID-19.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, NURSING
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ANITA RAHMAWATI, -NIM-13lO11123064
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAh Yusuf, -NIDN-
UNSPECIFIEDCandra Panji Asmoro, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 05 Feb 2024 02:49
Last Modified: 05 Feb 2024 02:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/129994
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item