PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LENDIR BEKICOT (Achatina julica) terhadap PERCEPATAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA MENCIT (Mus musculus)

Wiwin Winarni, - (2014) PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LENDIR BEKICOT (Achatina julica) terhadap PERCEPATAN PROSES PENYEMBUHAN LUKA PADA MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH PEMBERIAN EKSTRAK LENOIR BEKICOT (Achatina julica).pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penyembuhan luka adalah kemampuan yang penting bagi setiap organisme. Pada kondisi normal proses penyembuhan luka dari fase inflamasi sampai proliferasi membutuhkan waktu 14 hari. Penggunaan obat topikal yang tepat dapat mempercepat waktu penyembuhan sehingga dapat mengurangi biaya perawatan. Salah satu bahan yang dapat dipakai adalah ekstrak lendir bekicot (Achatina julica). Penelitian ini menggunakan true eksperiment design. Populasi terdiri dari 31 mencit jantan yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perJakuan perlakuan terdiri dari 16 mencit dan kelompok kontrol terdiri dari 15 mencit .. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah penyembuhan luka yang meliputi fase inflamasi (eritema, edema, cairan luka) dan rase proliferasi (jaringan granulasi dan penyatuan tepi luka) sedangkan variabel independen adalah penyembuhan luka. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi yang dimodifikasi dari Southampton Scoring System. Pengolahan data menggunakan uji statistik Mann-Whitney Test dan Independent Sample T-Test dengan tingkat signifikasi u=O.Ol. Hasil penelitian terhadap percepatan proses penyembuhan luka menunjukkan perbedaan rerata eritema (p=O.002), cairan luka (p=O.034), jaringan granulasi (p=O.OOO) dan penyatuan tepi luka (p=O.003). Dapat disimpulkan pemberian ekstrak lendir bekicot (Achatina julica) berpengarub terhadap percepatan proses penyembuhan luka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ekstrak lendir bekicot (Achatinafulica, proses penyembuhan luka
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Wiwin Winarni, -NIM131211123069
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHarmayetty, -NIDN-
UNSPECIFIEDSriyono, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 16 Feb 2024 02:58
Last Modified: 16 Feb 2024 02:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130063
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item