PENGARUH INTERVENSI ALEVUM PLESTER (Zibinger OfJicinale dan Allium Sativum) TERHADAP NYERI SENDI PADA LANSIA DENGAN OSTEOARTRITIS DI PUSKESMAS PACAR KELING SURABAYA Penelitian Quasy Experimental

Isnaini Via Zuraiyahya, - (2019) PENGARUH INTERVENSI ALEVUM PLESTER (Zibinger OfJicinale dan Allium Sativum) TERHADAP NYERI SENDI PADA LANSIA DENGAN OSTEOARTRITIS DI PUSKESMAS PACAR KELING SURABAYA Penelitian Quasy Experimental. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH INTERVENSI ALEVUM PLESTER.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Osteoartritis (OA) merupakan penyakit degeneratif yang menyebabkan peradangan kronis akibat dari gesekan antar ujung tulang penyusun sendi. Osteartritis disebabkan oleh banyak faktor, yaitu usia, jenis kelamin, hormon, genetik dan diet. Gejala yang timbul berupa nyeri sendi, kekakuan, kelemaban otot dan pembengkakan tulang. Penggunaan analgesik untuk lansia dapat memberikan efek samping jangka panjang. Alevum plaster yang terdiri dari jahe dan bawang putih memiliki kandungan analgesik, dan antiinflamasi yang dapat membantu da1arn mengurangi nyeri. Metode. Desain penelitian yang digunakan adalah Quasy Experimental. Populasi yaitu pasien osteoarthritis Puskesmas Pacar Keling Surabaya. Sampel yang digunakan sebesar 50 responden secara purposive sampling. Variabel independen adalah alevum plaster, sedangkan variabel dependen adalah nyeri sendi. Instumen yang digunakan yaitu WOMAC. Hasil. Hasil pre-test menunjukkan kelompok perlakuan sebanyak 9 orang mengalami nyeri ringan, 15 orang nyeri sedang dan I orang nyeri berat, dan hasil post-test sebanyak 24 orang berada pada kategori nyeri ringan, sedangkan hasil pre-test kelompok kontrol sebanyak 10 orang mengalami nyeri ringan, 15 orang nyeri sedang dan I orang nyeri berat dan hasil post test sebanyak 12 orang mengalami nyeri ringan dan 14 orang mengalami nyeri sedang. Berdasarkan uji Mann-Whitney, terdapat perbedaan yang signifIkan pada kelompok per1akuan dan kelompok kontrol dengan p=O,OOO. Disknsi. Intervensi alevum plester (jahe dan bawang putih) secara signifikan dapat memberikan pengaruh terhadap penurunan nyeri sendi osteoarthritis dibanding kompres air bangat. Alevum plaster lebih berpengarub karena dari segi skala nyeri dan rentang nyeri dapat menurunkan nyeri sendi. Namun, alevum plaster tidak terlalu berpengaruh saat klien melakukan aktivitas duduk atau berbaring.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Alevum plaster, Nyeri, Osteoartritis
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Isnaini Via Zuraiyahya, -NIM131511133094
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHarmayetty, -NIDN-
UNSPECIFIEDLailatun Ni'mah, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 20 Feb 2024 02:22
Last Modified: 20 Feb 2024 03:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130082
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item