HUBUNGAN PERSEPSI DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PENELITlAN CROSS-SECTIONAL HUBUNGAN PERSEPSI DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PENELlTlAN CROSS-SECTIONAL

Anita Septya Wibowo, - (2021) HUBUNGAN PERSEPSI DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PENELITlAN CROSS-SECTIONAL HUBUNGAN PERSEPSI DAN SIKAP DENGAN PERILAKU PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 PADA MAHASISWA KEPERAWATAN PENELlTlAN CROSS-SECTIONAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
hubungan pesepsi.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : Mahasiswa keperawatan memiliki peran penting bagi masyarakat dalam penanganan pandemi viurs COVID-19 sehingga perilaku pencegahan penularan COVID-19 pada mahasiswa keperawatan merupakan suatu hal yang sangat diperhatikan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan persepsi dan sikap dengan perilaku pencegahan penularan COVID-19 pada mahasiswa keperawatan. Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasional dengan pendekatan cross-sectional. Terdapat responden sebanyak 194 mahasiswa dari jumlah populasi 310 mahasiswa keperawatan A2018 dan A2019 program studi sarjana Keperawatan Universitas Airlangga. Penetapan responden menggunakan teknik simple random sampling sesuai kriteria inklusi dan ekslusi. Variabel independen adalah persepsi dan sikap. Variabel dependen adalah perilaku. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji spearman-rho dengan tingkat signifikansi <0.05. Hasil : Hasil spearman-rho menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara persepsi dengan perilaku (p=O.OOO) serta terdapat hubungan antara sikap dengan perilaku (p=O.OOI). Kesimpulan : Persepsi dan sikap mahasiswa memiliki hubungan yang positif dengan perilaku pencegahan dengan arti bahwa semakin positifpersepsi dan sikap mahasiswa maka semakin baik perilaku pencegahan penularan COVID-19. Mahasiswa keperawatan diharapkan memiliki persepsi dan sikap yang positif untuk melakukan perilaku pencegahan penularan COVID-19 baik di lingkungan sekitar maupun rumah sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Pandemi, Perilaku Sehat, Persepsi, Sikap
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan > S1 Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Anita Septya Wibowo, -NIM13171l133017
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDTintin Sukartini, -NIDN-
UNSPECIFIEDErna Dwi Wahyuni, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:03
Last Modified: 20 Feb 2024 03:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130084
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item