PENGARUH PEMBERIAN LARUTAN TlMBAL ASETAT TERHADAP BERAT DAN GAMBARAN HISTOLOGI OVARIUM MENCIT (Mus musculus)

AGUNG REZKI TRAWESTI, - (2004) PENGARUH PEMBERIAN LARUTAN TlMBAL ASETAT TERHADAP BERAT DAN GAMBARAN HISTOLOGI OVARIUM MENCIT (Mus musculus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
PENGARUH PEMBERIAN LARUTAN TIMBAL ASETAT TERHADAP BERAT DAN GAMBARAN -AGUNG REZKI TRAWESTI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan berat ovarium meneit dan jumlah folikel primer, folikel sekunder, folikel tersier dan folikel de Graaf terhadap pengaruh pemberian larutan timbal asetat yang diberikan secara oral selarna 30 hari. Pada penelitian ini menggunakan meneit betina dewasa strain Balb / c sebanyak 25 ekor yang bersiklus estrus normal dikelompokkan dalam satu kontrol yang diberi aquadest dan empat perlakuan, yaitu pemberian larutan timbal asetat dengan konsentrasi 125 ppm, 250 ppm, 500 ppm dan 1000 ppm. Pada hari ke- 31 dari masa perlakuan meneit dikorbankan dan dibedah untuk pengambilan ovarium kemudian dilakukan penimbangan dan dilanjutkan dengan pembuatan preparat histologi ovarium. Hasil penelitian yang diperoleh pada berat ovarium pada kelompok kontrol (Po) dan kelompok perlakuan Pl, Pz, P3 dan P4 terdapat perbedaan penurunan berat ovarium yang nyata. Begitu pula pada jumlah folikel ovarium baik itu foIikel primer, folikel sekunder, folikel tersier maupun folikel de Graaf menunjukkan adanya penurunanjumlah yang nyata. Penurunan berat dan jumlah folikel ovarium meneit berbeda nyata tanpa disertai kerusakan sel folikel ovarium yang berarti. Timbal dapat menghambat sekresi dari FSH dan LH sehingga pertumbuhan dan perkembangan folikel ovarium menjadi terhambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mus musculus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
AGUNG REZKI TRAWESTI, -NIM069812497
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDAdi Prijo Rahardjo, -NIDN0023115402
UNSPECIFIEDSuryauie Sarudji, -NIDN-
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 21 Feb 2024 06:14
Last Modified: 21 Feb 2024 06:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130101
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item