PENDUGAAN BERAT BADAN KAMBING PERANAKAN ETTAWA ( PE ) BETINA PADA BERBAGAI TINGKAT UMUR BERDASARKAN BEBERAPA UKURAN TUBUHNYA

ELY URSILA KAMILIADINI, - (1999) PENDUGAAN BERAT BADAN KAMBING PERANAKAN ETTAWA ( PE ) BETINA PADA BERBAGAI TINGKAT UMUR BERDASARKAN BEBERAPA UKURAN TUBUHNYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
ely bursila kamiliadini 20240131_10133791.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengukuran berat badan dengan mengetahui ukuran - ukuran tubuh kambing Peranakan Ettawa (PE) betina dan juga untuk mengetahui ukuran tubuh mana yang mempunyai korelasi paling kua( dengan berat badan. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan cara pengukuran dan penimbangan langsung terhadap semua parameter. Penelitian dilaksanakan di tiga petemakan yaitu petemakan kambing PE di Kedurus dan Tambak Wedi, Surabaya serta di UPT temak dan hijauan Singosari, Malang. Diperoleh 160 ekor kambing PE betinfl yang kemudian dibagi dalam empat kelompok umur yaitu kelompok umur I _ <2 tahun sebanyak 59 ekor, 2 - <3 tahun sebanyak 17 ekor, 3 - <4 tahun sebanyak 64 ekor dan umur 4 tahun atau lebih sebanyak 25 ekor. Berdasarkan hasil uji regresi parsial antara lingkar dada dengan berat badan pada umumnya menunjukkan hubungan yang linier dan nyata (p < 0,05) kecuali pada kelompok umur 2 - <3 tahun. Panjang badan juga menunjukkan hubungan yang linier dan nyata (p < 0,05) dengan ber~t badan pada umur kurang dari satu tahun tetapi tidak memiliki hubungan yang nyata pada umur lebih dari dua tahun. Sedangkan tinggi badan pada umumnya tidak memiJiki hubungan yang berarti dengan berat badan kecuali pada kelompok umur 3 - <4 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Kambing Ettawa
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF380-388 Goats
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
ELY URSILA KAMILIADINI, -NIM069412109
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorMustahdi, --
ContributorNenny Harijani, --
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 22 Feb 2024 05:19
Last Modified: 22 Feb 2024 05:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item