Kajian Serologik Dan Reaksi Silang Antara Beberapa Vaksin Avian Influenza Komersial Dengan Isolat Virus AI Lapangan

Nanik Sianita Widjaja, - and Wahju Tjahjaningsih, - and Adiprijo Rahardjo, - (2004) Kajian Serologik Dan Reaksi Silang Antara Beberapa Vaksin Avian Influenza Komersial Dengan Isolat Virus AI Lapangan. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
10. NANIK SW LP.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kasus Avian Influenza (AI) adalah sebuah penyakit baru yang telah memporakporandakan pemnggasan Indonesia serta menimbulkan efek yang sangat besar baik secara ekonomis maupun psikologis bagi petemak maupun masyarakat secara luas. Mengingat penyebaran virus AI di Indonesia sudah sedemikian I uas serta beragamnya kondisi peternakan serta tersebarnya lokasi peternakan unggas~ maka Direktorat Kesehatan Hewan Departemen Pertanian menerapkan kebijakan antara lain, vaksinasi massal pada sel umh populasi unggas yang sehat di daerah tertular dengan operasionalisasi selama enam bulan dan dilanjutkan dengan vaksinasi rutin sesudahnya (Bachtiar, 2004). Dalam memenuhi kebutuhan vaksin yang sangat mendesak dan harus dipenuhi dalam waktu singkat untuk mengatasi wabah penyakit AL maka telah dibuat beberapa vaksin produksi dalam negeri maupun dilakukan impor vaksin. Penyediaan vaksin AI produksi dalam negeri tahun 2004 diproduksi oleh Pusvetma~ PT Vaksindo Satwa Nusantara dan PT Medion (Sudardjat, 2004). Selain itu masih ada vaksin AI asal impor yang sudah diregistrasi maupun yang sedang dalam proses diregistrasi, misalnya yang dibawa PT Biofarma dan PT Intervet Indonesia (Rahardjo, 2004).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: vaksin; avian influenza; isolat virus
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nanik Sianita Widjaja, --
Wahju Tjahjaningsih, --
Adiprijo Rahardjo, --
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:14
Last Modified: 22 Feb 2024 07:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item