PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGGUNA JASA TELEKOMUNIKASI

Suciningtiyas, 030215483 (2006) PERLINDUNGAN KONSUMEN BAGI PENGGUNA JASA TELEKOMUNIKASI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-suciningti-2459-fh2410-t.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (FULLTETX)
gdlhub-gdl-s1-2006-suciningti-2459-fh24106.pdf
Restricted to Registered users only

Download (834kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

. Perjanjian yang dibuat oleh kedua belah pihak antara PT.TELKOM dengan pihak pelanggan telepon selain merupakan perjanjian jual beli juga merupakan perjanjian sewa menyewa. Dalam praktek yang ada, perjanjian yang dibuat antara PT.TELKOM dengan pelanggan telepon merupakan perjanjian yang bersifat baku. Dimana bentuk, isi dan format dan perjanjian tersebut ditentukan secara sepihak oleh pihak PT.TELKOM. Sedangkan pihak pelanggan hanya tinggal menyetujui atau tidak isi perjanjian tersebut dengan menandatangani perjanjian dalam bentuk suatu Kontrak Berlangganan Sambungan Telekomunikasi. Sehingga dalam hal ini menyebabkan lemahnya kedudukan pihak pelanggan (konsumen) dibandingkan dengan PT.TELKOM (pelaku usaha). Kedudukan konsumen yang lemah tersebut perlu mendapatkan perlindungan hukum. Hal ini terkait dengan terjadinya gangguan yang menyebabkan kerugian bagi pihak pelanggan dalam hal pelayanan dan pemenuhan jasa telekomunikasi oleh PT.TELKOM. Sebagian diatur dalam Undang-Undang No.36 Tahun 1999 tentang Telekomunikasi. PT.TELKOM wajib memberikan pelayanan yang baik, jujur dan transparan kepada pelanggan, termasuk memberikan ganti rugi jika Jaminan Tingkat Layanan (Service Level Guarantee) tidak dipenuhi. Sementara itu di dalam Undang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen juga mengatur tentang kedudukan konsumen dan pelaku usaha. Hal ini dimaksudkan agar penegakan aturan hukum dan pemberian perlindungan terhadap konsumen dapat diberlakukan sama bagi setiap konsumen rnaupun pelaku usaha. b. Dalam kontrak berlangganan sambungan telekomunikasi terdapat klausula¬klausula yang mengatur mengenai hak-hak dan kewajiban-kewajiban pars pihak yang tentunya akan sangat berguna bagi kelangsungan pelaksanaan kontrak berlangganan tersebut, khususnya menjaga hubungan antara kedua belah pihak sehingga keduanya mengerti apa-apa yang harus dilakukan dan apa-apa yang menjadi haknya dan tentunya apa yang ditentukan tersebut berlaku seperti undang-undang bagi pihak yang bersepakat mengikatkan diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FH.241/06 Suc p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER PROTECTION � LAW AND LEGISLATION; TELECOMMUNICATION
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K4011-4343 Transportation and communication
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
Suciningtiyas, 030215483UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Handajani, S.H., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Hatra Iswara
Date Deposited: 06 Oct 2006 12:00
Last Modified: 12 Jun 2017 19:42
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/13015
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item