Pengaruh Pemberian Glukosa Dan Infusa Daun Tapak Dara (Catharanthus Roseus (L.) G. Don) Terhadap Kadar Glukosa Darah Tikus Putih (Rattus Norijegicus)

Nuki Lukito Sari, - (2001) Pengaruh Pemberian Glukosa Dan Infusa Daun Tapak Dara (Catharanthus Roseus (L.) G. Don) Terhadap Kadar Glukosa Darah Tikus Putih (Rattus Norijegicus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
17. 069612305.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Peneiitian iill bertujuan UDtuk mengetahui pengaruh pemberian infusa daun tapak dara (Catharanthus rose us (L.) G. Don) terhadap Kadar giukosa daran pada tikus put-ih (Ralfus norvegicu. .. ) jaman. Hewan percobaan sebanyak 28 ekor tikw putih gaiur Wistar berumur antara dua sampai tiga bulan dengan berat badan antara 100-150 gram, yang kemudian dibagi dalam empat kelompok periakuan dengan masing-masing keiompok mempunyai tujuh uiangan. Empat macam kelompok perlakuan tersebut adaiah aObO tanpa pemberian glukosa dan tanpa infusa daun tapak dara, aOb 1 tanpa pemberian glukosa dan dengan infusa daun tapak dara, albO peIiakuan dengan pemberian glukosa dan tanpa infasa daun tapak dara, albl perlakuan dengan pemberian glukosa dan dengan infusa daun ta!",ak dara. Pemberian glukosa dan infusa claun tapak dara dilakukan secara per orai Jengan menggunakan spuit mcdiflkasi. Periakuan yang diberikan adaiah glukosa 50 % dengan dosis 0,5 ml dan infusa daun tapak dara 10 % dengan dosis 0,8 mt. Pengukuran kada: glukosa darah secara enzimatis menggunakan metode GOD-PAP. \Vaktu pemeriksaan Kadar glukosa darah adalahjam ke- 0; 0,5; 1; 1,5. Rancangan percoba:.m yang digunakan adalah RancaHgan Acak Lengkap pola Faktoriai 2x2 dengan tujuh ulangan dan data yang diperoieh dianalisis dengan Anava, apabiia terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan ~ji Beda Nyata Terkecil (BNT) tafaf signifikasi 5 %. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang nyata (p< 0,05) pada pemeriksaan jam ke-O,5 dan ke- 1. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian infusa daun tapak dara pada keadaan dengan pemberian glukosa maupun tanpa pemberian glukosa tidak dapat menurunkan Kadar glukosa darah tikus putih.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: glukosa; gula darah; daun tapak dara
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Nuki Lukito Sari, -NIM 069612305
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorSarmanu, -NIDN 0007045203
ContributorHasutji Endah Narumi, -NIDN -
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 23 Feb 2024 04:26
Last Modified: 06 Mar 2024 02:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130202
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item