Gambaran Pelaksanaan Posyandu Balita Di Kabupaten Lamongan

ULFI RIZQI FADLLIYYAH (2019) Gambaran Pelaksanaan Posyandu Balita Di Kabupaten Lamongan. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
101511133050_Ulfi Rizqi F.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelaksanaan magang di Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan khususnya mengenai pelaksanaan program Posyandu Balita dapat disimpulkan sebagai berikut : 1. Dinas Kesehatan merupakan instansi yang bertanggungjawab mengenai kesehatan di wilayah Kabupaten Lamongan. Memiliki tugas untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan, melaksanakan evaluasi dan pelaporan, dan melaksanakan fungsi administrasi, dan fungsi lainnya terkait bidang kesehatan. 2. Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat berada di bawah koordinasi bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. 3. Posyandu Balita merupakan salah satu program yang termasuk dalam pemberdayaan masyarakat yang dilaksanakan Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan. a. Pembentukan dan pelaksanaan Posyandu Balita di Kabupaten Lamongan mengacu pada pedoman penyelenggaraan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat) Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur. Mulai dari dilakukan SMD (Survey Mawas Diri) atau Musyawarah Masyarakat Desa (MMD), penentuan pengurus dan kader Posyandu, penyusunan rencana kerja, hingga peresmian Posyandu. b. Evaluasi program Posyandu Balita dilakukan dalam bentuk penilaian tingkat perkembangan Posyandu menggunakan lembar indikator pengukuran berdasarkan variabel input, proses, dan output yang berpedoman pada pengukuran tingkat perkembangan UKBM. Evaluasi dilakukan setiap tiga bulan sekali, sekaligus saat pelaksanaan Monitoring, Evaluasi, dan Pembinaan Taman Posyandu. c. Selama tiga tahun terakhir (2016–2018) Posyandu Balita di Kabupaten Lamongan mengalami perkembangan jumlah strata Posyandu Purnama dan Mandiri. d. Pencatatan pelaksanaan kegiatan Posyandu Balita di Kabupaten Lamongan sudah dilakukan proses entry data secara online melalui e-SIP (elektronik Sistem Informasi Posyandu).

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku
Creators:
CreatorsNIM
ULFI RIZQI FADLLIYYAHNIM101511133050
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYudha Titi LestiyoriniNIDN-
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 24 Feb 2024 04:22
Last Modified: 24 Feb 2024 04:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130280
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item