Laporan Pelaksanaan Magang Di PT Aneka Gas Industri TBK. Sidoarjo 6 Februari – 15 Maret 2019 Perancangan Purwarupa Media Safety Promotion Instruksi Kerja Pengisian Liquid Lorry Tank Berdasarkan Teori P-Process

I Komang Indra Irmawan, - (2019) Laporan Pelaksanaan Magang Di PT Aneka Gas Industri TBK. Sidoarjo 6 Februari – 15 Maret 2019 Perancangan Purwarupa Media Safety Promotion Instruksi Kerja Pengisian Liquid Lorry Tank Berdasarkan Teori P-Process. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
I Komang Indra Irmawan 101511133103_compressed.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Promosi kesehatan merupakan suatu proses yang memungkinkan setiap individu dapat memegang kendali atas dirinya sendiri dalam rangka meningkatkan kesehatan. Menurut Green dan Kreuter (2005), promosi kesehatan adalah segala bentuk kombinasi upaya pendidikan kesehatan dan intervensi yang terkait dengan kebijakan, ekonomi, politik, dan organisasi, yang dirumuskan untuk memudahkan perubahan perilaku dan lingkungan yang kondusif bagi kesehatan. Promosi kesehatan dapat diterapkan dalam berbagai aspek dan tempat. Salah satunya adalah promosi kesehatan di tempat kerja Promosi kesehatan di tempat kerja merupakan suatu upaya untuk memberdayakan individu dan lingkungan di tempat kerja agar mampu mempraktikkan perilaku aman dan sehat. Menjaga perilaku aman merupakan hal yang penting dilakukan, hal ini dikarenakan sebagian besar penyebab kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja di tempat kerja disebabkan oleh perilaku tidak aman (unsafe act). Menurut H.W. Heinrich (1959) dalam Deviani, dkk (2015) mengenai faktor penyebab kecelakaan menunjukkan bahwa penyebab kecelakaan pada umumnya adalah 88% karena faktor manusia (unsafe act), 10% karena faktor kondisi tidak aman (unsafe condition), dan 2% karena faktor lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa factor manusia, khususnya perilaku merupakan faktor tertinggi sebagai penyebab kecelakaan. Perilaku merupakan respon atau reaksi seseorang terhadap suatu rangsangan. Menurut Bloom dalam Notoatmodjo (2007), membagi domain perilaku menjadi 3 bentuk, yaitu pengetahuan, sikap, dan tindakan.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: PT Aneka Gas Industri TBK. Sidoarjo, Perancangan Purwarupa, Media Safety, Promotion Instruksi Kerja, Pengisian Liquid Lorry Tank, Teori P-Process
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Promosi Kesehatan & Ilmu Perilaku
Creators:
CreatorsNIM
I Komang Indra Irmawan, -NIM 101511133103
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorRiawan Edi Putra, --
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Feb 2024 01:44
Last Modified: 26 Feb 2024 01:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130300
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item