DI BALAI KARANTINA KEHEWANAN WILAYAH III SURABAYA KUD "SETIA KAWAN" NONGKOJAJAR PASURUAN TAMAN TERNAK PENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN

NYOMAN, DUKHAJAYA (1994) DI BALAI KARANTINA KEHEWANAN WILAYAH III SURABAYA KUD "SETIA KAWAN" NONGKOJAJAR PASURUAN TAMAN TERNAK PENDIDIKAN FAKULTAS KEDOKTERAN HEWAN. Technical Report. UNIVERSITAS AIRLANGGA. (Unpublished)

[img] Text (Fulltext)
NYOMAN DUKHAJAYA_068811465.pdf

Download (41MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Koperasi Unit Desa "Setia Kawan" Nongkojajar merupakan badan perekonomian yang dapat meningkatkan taraf hidup bagi anggotanya serta dapat menciptakan lapangan kerja. Koperasi ini kalau dikelola dengan baik dan benar akan memberikan manfaat bukan saja bagi anggotanya tetapi juga bagi masyarakat sekitarnya. Dikaitkan dengan program pemerintah dalam rangka memasuki Pembangunan Jangka Panjang Tahap II, keberadaan Koperasi sebagai lembaga perekonomian sangat relevan dalam upaya mengentas kemiskinan. Dari sekian banyak kasus dan kematian ternak sebagian besar disebabkan oleh kurangnya kesadaran peternak tentang cara pemeliharaan ternak yang baik, misalnya kebersihan, letak dan bentuk kandang, serta kualitas maupun kuantitas ransum yang diberikan, serta masih kurangnya kesadaran peternak untuk segera melaporkan apabila ada ternak yang sakit. Sehingga sering keadaan ternaknya sudah parah untuk ditangani paramedis. Kegagalan inseminasi buatan dapat terjadi karena recording yang tidak dilakukan dengan baik oleh peternak, serta masih saja ada peternak , yang mengawinkan anaknya secara alamo Masih banyak para peternak yang membiarkan sapi-sapinya dengan kuku yang sangat panjang, sehingga sapi-sapi tersebut tidak dapat bertumpu dengan baik. Dengan melihat kenyataan diatas maka perlu ketelitian, ketepatan maupun kecermatan dalam mengantisipasi penyakit atau kasus yang ada sangat diperlukan untuk segera mengambil tindakan maupun terapi yang dianggap perlu dilakukan terhadap kasus yang ditemui. Perlu juga meningkatkan usaha-usaha penyuluhan tentang tata cara beternak yang baik dan benar bagi peternak, serta pengawasan dan kontrol penyakit secara rutin dari petugas kesehatan hewan. Keterampilan para petugas baik inseminator, paramedis maupun petugas potong kuku perlu lebih ditingkatkan kualitasnya.

Item Type: Monograph (Technical Report)
Uncontrolled Keywords: Laporan Praktek Kerja Lapangan, Koperasi Unit Desa Setia Kawan,Teaching Farm
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
NYOMAN, DUKHAJAYANIM068811465
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:17
Last Modified: 21 Mar 2024 02:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130350
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item