PERBANDINGAN PERSENTASE PENETASAN DAN MASA INKUBASI TELUR PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea Eschscholtz, 1829) PADA PENETASAN ALAMI DAN SEMI ALAMI DI PANTAI MARENGAN, NGAGELAN, TAMAN NASIONAL ALAS PURWO

META, IQOMAH (2004) PERBANDINGAN PERSENTASE PENETASAN DAN MASA INKUBASI TELUR PENYU LEKANG (Lepidochelys olivacea Eschscholtz, 1829) PADA PENETASAN ALAMI DAN SEMI ALAMI DI PANTAI MARENGAN, NGAGELAN, TAMAN NASIONAL ALAS PURWO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
META IQOMAH_069912623.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbandingan persentase penetasan dan masa inkubasi telur penyu lekang (Lepidochelys olivacea Eschscholtz, 1829) pada penetasan alami dan semi alami di Pantai Marengan, Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo. Penetasan alami adalah penetasan yang dilakukan di sarang asli tempat penyu bertelur, sedangkan penetasan semi alami adalah penetasan dengan cara- memindahkan - telur dari -sarang ash ke tempat -lain yang berlingkungan sarna. Sampel dipilih secara acak berupa enam sarang peneluran penyu lekang dari enam sarang yang berbeda. Jumlah telur dari tiap-tiap sarang dipisahkan menjadi dua bagian, untuk ditetaskan masing-masing enam sarang alami dan semi alami. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua kelompok perlakuan, yaitu penetasan -alami- dan penetasan semi alami. Analisis dilakukan dengan menggunakan uji t untuk membandingkan persentase penetasan dan masa inkubasi antara penetasan alami dan semi alami. Hasil penelitian menunjukkan persentase penetasan pada penetasan alami adalah 81,51±13,37 % dengan rata-rata masa inkubasi adalah 53,17±3,31 hari. Persentase penetasan pada- penetasan semi alami adalah 82,96±6,52 % dengan rata- rata masa inkubasi adalah 55,67±5,39 hari. Analisis menunjukkan bahwa persentase penetasan dan masa inkubasi telur penyu lekang pada penetasan alami dan semi alami tidak berbeda nyata. Melihat hal ini, maka dapat disimpulkan bahwa penetasan telur penyu lekang -secara semi alami di· Ngagelan, Taman Nasional Alas Purwo dapat memberikan hasil yang sarna dengan penetasan telur penyu lekang secara alami di Pantai Marengan, sehingga penerapannya perlu terus dilakukan untuk meningkatkan populasi penyu lekang di alam mengingat penjagaan yang lebih intensif dilakukan pada penetasan semi alami mulai penanaman hingga pelepasan tukik ke laut lepas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: penetasan telur penyu, masa inkubasi telur penyu
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SF Animal culture
S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets
S Agriculture > SF Animal culture > SF411-459 Pets > SF459 Other animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
META, IQOMAHNIM069912623
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTri Wahyu Suprayogi, M.Si., DrhNIDN0004016309
Thesis advisorLianny Nangoi, M.Kes., DrhNIDN0017105603
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:17
Last Modified: 21 Mar 2024 02:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130360
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item