Analisis Pengaruh Komitmen Manajemen, Komunikasi Keselamatan, Dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Perilaku Keselama Tan Pekerja Area Disposal Sorow Ako Departemen Mining PT. VALE INDONESIA TBK.

Rohmatul Azizah Kusuma Wardati Jufri, - (2019) Analisis Pengaruh Komitmen Manajemen, Komunikasi Keselamatan, Dan Kondisi Lingkungan Kerja Terhadap Perilaku Keselama Tan Pekerja Area Disposal Sorow Ako Departemen Mining PT. VALE INDONESIA TBK. Thesis thesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat.

[img] Text (TESIS)
ANALISIS PENGARUH KOMITMEN MANAJEMEN KOMUNIKASI KESELAMATAN DAN KONDISIS LINGKUNGAN KERJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Perilaku keselarnatan adalah perilaku yang dilakukan seseorang yang mengarah pada tindakan keselamatan guna mencegah atau memperkecil kemungkinan teljadinya kecelakaan yang terdiri dari kepatuhan keselanlatan dan partisipasi keselarnatan. Berbagai penelitian menyatakan bahwa perilaku keselamatan dipengaruhi oleh iklim keselamatan. Tujuau dilakukau penelitiau adalah uutuk mengetahui pengaruh komitmen manajemen, komunikasi keselamatan, dan kondisi lingklmgan kerja terhadap perilaku keselamatan pekerja Area Disposal Sorowako Departemen Mining PT. Vale Indonesia Tbk. Penelitian ini mempakan pene1itian observasional, kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 167 operator yang bekerja pada shift pagi. Besar sampel penelitian dihitung dengan teknik simple random sampling secara proporsional sesuai sub area kerja dan diperoleh responden sebanyak 121 orang. Kuesioner diguuakan untuk mengetahui karakteristik individu, faktor iklim keselamatau, dan perilaku keselamatan. Observasi dilakukan untuk mengukur kepatuhan keselamatan pekerja. Karakteristik pekeIja dalam penelitian ini berada dalam usia produktif, sebagiau besar bekerja kurang dari 10 tahun, dan pendidikau terakhir SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari komunikasi keselamatan terhadap partisipasi keselarnatan yaitu sebesar 0,046 dan 0,017. Terdapat pengaruh yang signifikanan antara komitmen manajemen terhadap kepatuhan keselamatan sebesar 0,023. Hasil dari observasi kepatuhan menunjukkan skor kepatuhan rata-rata sebesar 9 1,7 %. Dari 4 item kepatuhan yang diamati, tingkat kepatuhan SOP menjadi yang paling rendah di angka 68,4%. Kesimpulan penelitian bahwa pekerja area Disposal Sorowako Departemen Mining PT. Vale Indonesia telah memiliki tingkat kepatuhan keselamatan yang baik namun belum konsisten dan pemahaman terkait keselamatan kerja masih kuraug. Disarankan untuk melakukan peningkatan pemallamau melalui need analysis dan intervensi perilaku keselamatan pekerja secara instruksional, motivasional, dan suportif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKK 11/19 Juf a
Uncontrolled Keywords: Perilaku Keselamatan , Komitmen Manajemen , Komunikasi Keselamatan, Kondisi Lingkungan Kerja
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Kesehatan dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Rohmatul Azizah Kusuma Wardati Jufri, -101714253021
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul Rohim Tualeka, -0024116603
Thesis advisorNoeroel Widajati, -24188III2387406
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 26 Feb 2024 08:57
Last Modified: 27 Feb 2024 02:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130367
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item