Optimalisasi Instagram sebagai Sosial Media Marketing di PLK Universitas Airlangga

Risqi Adinda Sari (2020) Optimalisasi Instagram sebagai Sosial Media Marketing di PLK Universitas Airlangga. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
RISQI ADINDA SARI_1018111123043.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan magang di PLK Universitas Airlangga terkait penggunaan instagram sebagai media digital marketing PLK adalah adalah sebagai berikut : 1. PLK Universitas Airlangga merupakan salah satu unit penunjang yang ada di Universitas Airlangga dan termasuk sebagai klinik pratama yang menggunakan instagram sebagai media promosi kesehatan maupun pemasaran digital sejak 24 Mei 2017 hingga sekarang. 2. Pada bulan Maret hingga Mei, pada instagram PLK telah diunggah sebanyak 71 postingan. Kategori konten tersebut promkes, info pelayanan, kegiatan, dan lain-lain. 3. Pemanfaatan instagram sebagai media untuk pemasaran digital masih kurang maksimal dan kurang konsisten. Hal tersebut terlihat dari jumlah konten yang diunggah semakin lama semakin sedikit. Pada bulan maret terdapat 39 unggahan dan bulan April terdapat 24 unggahan dan hanya terkait promosi kesehatan, info pelayanan PLK, kegiatan di PLK dan lain-lain. Sedangkan pada bulan Mei hanya terdapat 8 unggahan dan terdiri dari konten promosi kesehatan dan konten lain-lain saja. 4. Berdasarkan rekapan per minggu selama bulan Maret hingga Mei 2020 pada fitur insight, info pelayanan merupakan konten yang paling banyak menarik minat pengguna instagram mengunjungi profil PLK. Konten promkes merupakan konten yang lebih sering dijangkau atau dilihat. Konten kegiatan pada bulan Maret minggu ke 4 lebih banyak disukai dari pada konten yang lain selama Maret hingga Mei. Selain itu konten info pelayanan paling banyak mendapat komentar dan paling banyak dibagikan, dan disimpan ke laman pribadi. Sedangkan konten kegiatan dan info pelayanan mendapat impresi paling banyak. Saran Saran yang dapat diberikan dari pelaksanaan magang di PLK Universitas Airlangga khususnya untuk penggunaan instagram sebagai media digital marketing adalah sebagai berikut : 1. Membuat jadwal untuk mengunggah konten-konten sehingga postingan terkesan lebih teratur dan konsisten. Namun memposting rutin dengan memilih waktu agar tidak mengganggu followers dengan update yang berlebihan. 2. Memiliki style sendiri untuk membedakan brand PLK dengan yang lain sehingga bisa menjadi lebih memorable. Misalkan dengan sapaan yang khas dan menarik pada awal caption, memberikan logo pada konten, membuat hastag yang menarik. Style guidelines ini dapat membantu membuat akun Instagram menjadi berbeda dari yang lain, konsisten, dan mudah diingat. 3. Membuat konten yang bertema, menarik dan berbeda setiap harinya dengan caption semenarik mungkin serta memanfaatkan caption untuk menceritakan informasi yang ingin disampaikan dan dapat bermanfaat bagi pengguna instagram. 4. Memanfaatkan fitur instagram insight untuk mengevaluasi dan memperbaiki pemasaran digital yang telah dilakukan. 5. Memanfaatkan fitur instagram yang lain, seperti IG TV, IG Live, dan Story untuk berinteraksi lebih banyak dengan followers maupun pengguna instagram lainnya sehingga menarik minat.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Instagram; Sosial Media; Marketing
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Risqi Adinda Sari101811123043
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIlham Akhsanu Ridlo, S.KM., M.Kes0023038604
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 27 Feb 2024 03:47
Last Modified: 27 Feb 2024 03:47
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130404
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item