Analisis Penerapan Investigasi Insiden di PT. Terminal Teluk Lamong

Arira Celia Virta Parawansa (2021) Analisis Penerapan Investigasi Insiden di PT. Terminal Teluk Lamong. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Arira Celia Virta Parawansa_101711133004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan hasil dan pembahasan terkait investigasi inisden di PT. Terminal Teluk Lamong, dapat disimpulkan bahwa : 1. Adanya program K3 berupa investigasi insiden di PT. Terminal Teluk Lamong sesuai dengan peraturan perundang-undangan serta sudah ditetapkan dalam dokumen perusahaan berupa prosedur pelaporan dan investigasi insiden. 2. Penanggung jawab dan tim investigasi insiden sudah ditetapkan dalam prosedur, dimana tim investigasi terbagi menjadi tim investigasi insiden ringan dan sedang, berat, dan fatal. Namun, belum ada penjelasan secara jelas dan tertulis terkait insiden ringan dan sedang, berat, dan fatal. Serta mayoritas tim investigasi belum mengikuti sertifikasi sebagai investigator dan belum ada jadwal rutin pelatihan terkait investigasi insiden. 3. Pengkategorian atau jenis insiden yaitu insiden ringan dan sedang, berat, dan fatal kurang sesuai dengan formulir invetigasi insiden yang terbagi menjadi insiden kecelakaan, hampir celaka, keamanan, dan lingkungan. 4. Alur investigasi insiden sudah dijelaskan secara rinci dalam prosedur pelapoan dan investigasi insiden dimana pelaksanaan investigasi yaitu 2x24 jam. Namun, dalam pelaksanaannya lebih dari 2x24 jam. 5. Berdasarkan temuan audit ISO 45001:2018 investigasi insiden belum terintegrasi dengan Hazard Identification dan Risk Assessment (HIRA) perusahaan. 6. Dalam pelaksanaan investigasi terdapat beberapa formulir yang digunakan yaitu formulir investigasi awal, formulir wawancara, dan formulir investigasi lanjutan 7. PT. Terminal Teluk Lamong sudah melakukan pelaporan insiden rutin ke Dinas Tenaga Kerja sesuai peraturan perundang-undangan. Saran Selama proses magang dijalankan, terdapat beberapa rekomendasi atau saran yang dapat diberikan kepada perusahaan sebagai berikut: 1. Sebaiknya menjelaskan secara tertulis mengenai pengkategorian insiden (disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan) serta menetapkan penggunaannya secara konsisten baik dalam prosedur maupun formulir investigasi. 2. Sebaiknya memberikan pendidikan, pelatihan dan pembinaan rutin dan terjadwal kepada tim investigasi. 3. Sebaiknya dilakukan revisi prosedur pelaporan dan investigasi insiden yang disesuaikan dengan kondisi dilapangan . 4. Sebaiknya membuat sistem data yang terintegrasi antar dokumen-dokumen investigasi insiden maupun dengan Hazard Identification dan Risk Assessment (HIRA) perusahaan.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Investigasi; insiden
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Arira Celia Virta Parawansa101711133004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorShintia Yunita Arini, S.KM., M.Kes.199306042019032036
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 27 Feb 2024 04:19
Last Modified: 27 Feb 2024 04:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130414
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item