Pengaruh Pemberian Pb-asesat Terhadap Kadar Nitrogen Urea Darah (BUN) dan Kreatinin Serum Tikus Putih (Rattus norvegicus)

Azit Kustiawan, - (2024) Pengaruh Pemberian Pb-asesat Terhadap Kadar Nitrogen Urea Darah (BUN) dan Kreatinin Serum Tikus Putih (Rattus norvegicus). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (SKRIPSI)
19. Azit Kurniawan.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pb-asetat terhadap kadar nitrogen urea darah (B UN) dan kreatinin serum tikus putih. Penelitian menggunakan 24 ekor tikus putih (Rattus norvegicus) betina sehat strain Wistar berumur dua sampai tiga bulan. Hewan percobaan dibagi secara acak menjadi empat kelompok pedakuan dan setiap kelompok terdiri dari enam ulangan Keempat kelompok perlakuan itu adalah kelompok kontrol atau Po (pemberian Pbasetat 0 ppm), kelompok perlakuan pertama atau PI (pemberian Pb-asetat 200 ppm) kelompok perlakuan kedua atau P2 (pemberian Pb-asetat 400 ppm), kelompok perlakuan ketiga atau P3 (pemberian Pb-asetat 800 ppm). Pemberian perlakuan secara per-oral menggunakan sonde lambung sebanyak 5 mllekorlhari selama 32 hari. Rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiap-tiap perlakuan terdiri dari enam ulangan. Hasilnya dianalisis dengan uji Anava, bila menunjukkan perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil dengan taraf signifikan 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian Pb-asetat berpengaruh nyata terhadap peningkatan kadar BUN dan kreatinin serum. Kadar BUN dan kreatinin serum tertinggi adalah pada pemberian Pb-asetat 800 ppm yang tidak berbeda nyata dengan pemberian Pb-asetat 400 ppm.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Pb-asesat; Nitrogen Urea Darah (BUN;) Kreatinin Serum Tikus Putih (Rattus norvegicus)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Azit Kustiawan, -NIM069612314
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRetno Bijanti, -NIDN0028065408
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, -NIDN0022105903
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:31
Last Modified: 27 Feb 2024 06:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item