PERBEDAAN EFEK ANTHELMINTIK ANTARA PERASAN BIJI PEPAYA MUDA DAN PERASAN BIJI PEPAYA YANG SUDAH MASAK (Carica papaya Linn.}TERHADAP MORTALITAS CACING Ascaris suum SECARA IN VITRO

DICKY ANDIARSA, - (2024) PERBEDAAN EFEK ANTHELMINTIK ANTARA PERASAN BIJI PEPAYA MUDA DAN PERASAN BIJI PEPAYA YANG SUDAH MASAK (Carica papaya Linn.}TERHADAP MORTALITAS CACING Ascaris suum SECARA IN VITRO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
15. 069812539.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

"Perbedaan efektifitas an tara perasan biji pepaya muda dan perasan biji pepaya masak dipengaruhi oleh perbedaan aktifitas enzim glukosida dan alkaloid karpain yang terdapat diantara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mencari dan menentukan besamya perbandingan efektifitas kedua jenis perasan terhadap mortalitas cacing Ascaris suum. Percobaan dilakukan secara in vitro dengan merendam cacing dalam larutan yang berisi perasan biji pepaya dengan berbagai konsentrasi. Hasil penelitian secara umum menunjukkan peningkatan jumlah cacing yang mati (paralisis) pada setiap perlakuan seiring dengan lamanya waktu perlakuan. Hasil terbaik didapat dari perasan biji pepaya muda dengan kadar 30% v/v dengan prosentase jllmlah kematian cacing sebesar 74 % selama 24 jam. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa perasan biji pepaya muda mempllnyai efek anthelmintik dua kali lebih besar daripada perasan biji pepaya yang sudah masak."

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
DICKY ANDIARSA, -069812539
Depositing User: Jadik jdkyanto Wijayanto
Date Deposited: 27 Feb 2024 08:17
Last Modified: 27 Feb 2024 08:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130459
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item