Pengendalian Hama (Pest And Control) Yang Diterapkan Di Aerofood Acs Surabaya

Rizka Harninda (2020) Pengendalian Hama (Pest And Control) Yang Diterapkan Di Aerofood Acs Surabaya. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
101611133194_Rizka Harninda_Laporan Magang Individu Aerofood.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

1. Dalam pengendalian hama (pest and control) di Aerofood ACS Surabaya menggunakan jasa vendor yaitu Rentokil Indonesia. Dalam melaksanakan tugasnya kontaktor pest control akan melakukan kegiatan-kegiatan sesuai rencana kerja yang nantinya akan dilaporkan ke bagian HKM (Housekeeping). 2. Macam-macam pengendalian hama (pest and control) di Aerofood ACS Surabaya yaitu pest control, rodent control dan cat control. Pest control meliputi hand spraying, thermal fogging, flies baiting, insect light trap init luminos one dan lumino 3, PMU, FIMU, Mo Be Trap, Hoy Hoy dan pohon lalat. Di dalam gedung hanya diperbolehkan menggunakan perangkap lem sesuai dengan SOP yang ada. Penempatan perangkap di ruangan juga sesuai dengan insiden masuknya vektor maupun rodent yang terjadi di ruangan tersebut. 3. APD yang digunakan oleh pihak Rentokil sesuai dengan kegiatan pengendalian hama. APD yang digunakan oleh pihak vendor Rentokil sehari-harinya dalam memonitoring perangkap menurut hasil wawancara meliputi masker, sarung tangan, dan hairnet. 4. Monitoring yang dilakukan oleh pihak pest control setiap hari dan sesuai jadwal yang telah disetujui oleh pihak housekeeping. Dari hasil monitoring pada lembar check list pada bulan Januari masih adanya temuan lalat pada area produksi tetapi sudah terjebak pada jebakan serangga terbang baik insect killer maupun luminos. Untuk hama lainnya yang ditemukan yaitu tikus yang mati di daerah grease trap (lubang pengolahan limbah hasil produksi pada luar gedung) yang terduga mengalami dehidrasi setelah memakan racun tikus. 5. Vendor yang digunakan oleh Aerofood ACS Surabaya dalam pengendalian hama ( pest and control) yaitu Rentokil Indonesia. Sebelum pihak vendor yang akan bekerja di Aerofood ACS Surabaya harus memiliki sertifikasi 40 yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan. Sertifikasi ini terkait dengan pengendalian hama ( pest and control). Pelatihan ini dilakukan selama 1 minggu.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Rizka HarnindaNIM101611133194
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSoedarwantoNIDN-
Depositing User: Dwi Marina
Date Deposited: 27 Feb 2024 10:04
Last Modified: 27 Feb 2024 10:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130469
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item