Evaluasi Tim Tanggap Darurat Gempa Bumi Di Rs Bhayangkara Samsoeri Mertojoso Surabaya

Bagus Tejo Purnomo, - (2019) Evaluasi Tim Tanggap Darurat Gempa Bumi Di Rs Bhayangkara Samsoeri Mertojoso Surabaya. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
BAGUS TEJO P - 101711123008.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Indonesia merupakan wilayah yang rawan terhadap bencana baik alam maupun ulah manusia. Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya bencana adalah kondisi geografis, iklim, geologis, dan faktor lain seperti keragaman sosial budaya serta politik. Bencana adalah bencana adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan atau faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.Bencana secara umum dibagi menjadi bencana alam, non alam, dan sosial.Keadaan darurat yaitu keadaan yang tidak normal atau tidak diinginkan yang terjadi pada suatu tempat/ kegiatan yang cenderung membahayakan bagi manusia, merusak peralatan/ harta benda atau merusak lingkungan sekitar.Kesiapsiagaan menghadapi kondisi darurat atau bencana merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dirancang untuk meminimalkan dampak kerugian dan kerusakan yang mungkin terjadi akibat bencana. Bencana gempa bumi maupun keadaan darurat dapat terjadi dimanapun, termasuk di rumah sakit. Rumah sakit juga diharapkan dapat memberikan fasilitas pelayanan kesehatan bagi setiap korban bencana baik bencana eksternal maupun internal.Rumah Sakit Bhayangkara H.S Samsoeri Mertojoso merupakan rumah sakit yang menjadi tempat rujukan bagi korban bencana massal yang terjadi di wilayah Surabaya. Secara umum RS Bhayangkara H.S Samsoeri Mertojoso telah memiliki tim medis yang siap menangani bencana dan dibantu oleh tim multidisplin lainnya. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan dampak terjadinya kejadian akibat kondisi darurat dan bencana gempa bumi yang dapat menimbulkan kerugian fisik, material, korban jiwa, dan sumber daya rumah sakit.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Gempa Bumi
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare > HV1-9960 Social pathology. Social and public welfare. Criminology > HV551.2-639 Emergency management > HV553-639 Relief in case of disasters
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Bagus Tejo Purnomo, -NIM101711123008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorNoeroel Widajati, -NIDN0012087303
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:38
Last Modified: 28 Feb 2024 03:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130537
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item