Gambaran Paparan Debu Pada Pembuatan Tiang Pancang Dengan Proses Produksi Putar di PT Wijaya Karya Beton, TBK. Pabrik Produk Beton Pasuruan

Salsa Daffania Mawaddah (2021) Gambaran Paparan Debu Pada Pembuatan Tiang Pancang Dengan Proses Produksi Putar di PT Wijaya Karya Beton, TBK. Pabrik Produk Beton Pasuruan. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
14. 101711133134_Salsa Daffania Mawaddah.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Wijaya Karya Beton, Tbk. Pabrik Produk Beton Pasuruan merupakan salah satu anak perusahaan PT. Wijaya Karya (Persero) Tbk. yang beroperasi dalam proses produksi beton dan penyedia jasa konstruksi. PT. Wijaya Karya Beton, Tbk. PPB Pasuruan memiliki dua jenis proses produksi yaitu proses produksi pracetak dan proses produksi putar. Proses produksi pra cetak dilakukan pada Jalur III, Jalur IV, jalur VII, Jalur VIII, dan Jalur IX. Sedangkan proses produksi putar dilakukan pada Jalur I, Jalur II, Jalur V, Jalur VI, dan Jalur X. Proses produksi putar dilakukan dengan mesin putar atau dengan sistem sentrifungal. Salah satu produk yang dihasilkan dari proses produksi putar yaitu tiang pancang. Produksi tiang pancang dengan proses produksi putar salah satunya dilakukan pada Jalur X. Seluruh proses kegiatan produksi tiang pancang dengan proses produksi putar di Jalur X menggunakan tenaga manusia, mesin, alat, dan material yang menunjang kegiatan opersional perusahaan. Hal ini menyebabkan terciptanya bahaya dari lingkungan kerja yang berisiko menyebabkan penyakit akibat kerja. Salah satu bahaya yang ada dalam produksi tiang pancang dengan proses produksi putar di Jalur X yaitu berkaitan dengan kadar debu yang ada di tempat kerja. Debu yang ada yaitu berupa debu semen dari batching plant pada proses pembuatan adukan beton. Hal ini menyebabkan pekerja berisiko mengalami PAK berupa gangguan pernapasan. Risiko penyakit akibat kerja yang disebabkan oleh bahaya debu ini dapat diminimalisir dengan melakukan pengendalian terhadap bahaya yang ada. Selain itu juga dilakukan pemantauan lingkungan kerja berkaitan dengan bahaya tersebut.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Debu, Pabrik Beton, Produksi
Subjects: T Technology > TS Manufactures
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Salsa Daffania MawaddahNIM101711133134
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Denny Ardyanto W.NIDN0001126303
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 29 Feb 2024 10:16
Last Modified: 29 Feb 2024 10:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item