LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI SUB KOMITE KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA MANAJEMEN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN BERDASARKAN LAPORAN IKP TAHUN 2018 DI RS ISLAM JEMURSARI SURABAYA

HUSNUL KHATIMAH, - (2019) LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI SUB KOMITE KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA MANAJEMEN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN BERDASARKAN LAPORAN IKP TAHUN 2018 DI RS ISLAM JEMURSARI SURABAYA. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG HUSNUL KHATIMAH.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan dari pelaksanaan kegiatan magang di Sub Komite Keselamatan Pasien di RS Islam Islam Jemursari adalah sebagai berikut : a. RSI Jemursari Surabaya merupakan rumah sakit kelas B yang terletak di Jalan Jemursari Nomor 51-57 Surabaya yang dibangun pada tahun 1992 dan mulai beroperasi pada 25 Mei 2002. RSI Jemursari Surabaya telah memiliki 254 tempat tidur pada tahun 2017. Pelayanan unggulan profit RSI Jemursari Surabaya adalah pelayanan hemodialisa dan pelayanan unggulan non profit adalah pelayanan pembinaan kerohanian. b. Sub Komite Keselamatan Pasien RS Islam Jemursari merupakan bagian dari Komite Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien. Sub Komite Keselamatan Pasien RS Islam Jemursari bertugas untuk melaksanaan manajemen tata kelola keselamatan pasien di rumah sakit. Sub Komite Keselamatan Pasien RS Islam Jemursari sudah memiliki tugas pokok dan fungsi yang berguna untuk menunjukkan hal-hal yang harus dilakukan. c. Proses manajemen insiden keselamatan pasien di RS Islam Jemursari mencakup Pencatatan, investigasi, rekomendasi dan tindak lanjut, Pelaporan insiden, evaluasi serta alur pencatatan dan pelaporan insiden. Belum terdapat SPO dan alur tentang pencatatan dan pelaporan insiden keselamatan pasien di RS Islam Jemursari. Pelaporan insiden secara internal telah dilaksanakan dengan baik, namun pelaporan secara eksternal masih belum dapat dilaksanakan karena terhalang akses. d. Proses manajemen insiden keselamatan pasien di RS Islam Jemursari mencakup Pencatatan, investigasi, rekomendasi dan tindak lanjut, Pelaporan insiden, evaluasi serta alur pencatatan dan pelaporan insiden. Belum terdapat SPO dan alur tentang pencatatan dan pelaporan insiden keselamatan pasien di RS Islam Jemursari. Pelaporan insiden secara internal telah dilaksanakan dengan baik, namun pelaporan secara eksternal masih belum dapat dilaksanakan karena terhalang akses. e. Sepanjang tahun 2018, insiden keselamatan pasien menurut tipe insiden yang terjadi adalah administrasi dengan 40 insiden, proses / prosedur dengan 17 insiden, dokumentasi dengan 10 insiden. Medikasi dengan 54 insiden, nutrisi dengan 7 insiden, oksigen / gas dengan 3 insiden, alat medis dedengan 12 insiden, jatuh dengan 19 insiden, kecelakaan dengan 1 insiden, onfrastruktur dengan 4 insiden, dan laboratorium dengan 8 insiden. Total insiden keselamatan pasien yang terjadi dari bulan januari – desember pada tahun 2018 ada 175 insiden. Dengan angka tersebut. Rata-rata perbulan terjadi 14 sampai 15 insiden keselamatan pasien di RS Islam Jemursari Surabaya. Insiden keselamatan pasien paling banyak terjadi pada tipe insiden administrasi dengan 40 insiden dan pada medikasi dengan 54 insiden.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: PATIENT SAFETY
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
HUSNUL KHATIMAH, -NIM. 101511133010
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDSetya Haksama, -NIDN0014096503
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 01 Mar 2024 01:31
Last Modified: 01 Mar 2024 01:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130609
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item