Analisis Diagnostic Reference Level (DRL) Pemeriksaan CT-Scan Kepala Berdasarkan Nilai Size-Specific Dose Estimate (SSDE).

Adinda Rizki Kusuma Wardana, - (2023) Analisis Diagnostic Reference Level (DRL) Pemeriksaan CT-Scan Kepala Berdasarkan Nilai Size-Specific Dose Estimate (SSDE). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
ANALISIS DIAGNOSTIC REFERENCE LEVEL (DRL) PEMERIKSAAN CT-SCAN.pdf
Restricted to Registered users only until 1 March 2026.

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Untuk memperkirakan dosis CT scan secara tepat yang akan diberikan pada pasien CT scan maka digunakan optimasi dos is ya itu Diagnostic Reference Level (DRL). DRL pada CT scan dapat dipero leh dari Computed Tomography Dose Index Volume (CTDlvol) yang merupakan indikator dosis output dari CT Scan dan Dose Length Product (DLP) merupakan dosis total se lama pemeriksaan pasien, sehingga belum dapat memperkirakan dos is secara akurat. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh nilai DRL lokal pada pemeriksaan CT scan kepala berdasarkan nilai Size-Specific Dose Estimate (SSDE). Data yang digunakan terdiri dari 86 data pasien nonkontras dan 30 data pasien kontras. Nilai SSDE masing-mas ing pasien dihitung menggunakan softwa re IndoseCT, sedangkan SSDE total dihitung berdasarkan nilai kuartil ke-3 yang dijadikan sebagai nilai DRL pada penel itian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai SSDE untuk pasien nonkontras dan kontras adalah (70.38 ± 9.16) mGy dan (72.09 ± 3.86) mGy, sedangkan nilai DRL pasien nonkontras dan kontras adalah 70,92 mGy dan 77.64 mGy. Berdasarkan hasil tersebut nilai DRL pasien nonkontras dan kontras pada penelitian ini lebih tinggi dibandingkan dengan DRL yang te lah ditetapkan oleh BAPETEN, sehingga diperlukan peninjauan lanjutan terkait dengan penggunaan dosis pada penel itian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics > QC1 Physics (General)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Fisika
Creators:
CreatorsNIM
Adinda Rizki Kusuma Wardana, -NIM081811333081
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorWINARNO, -NIDN0012098107
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 01 Mar 2024 02:54
Last Modified: 21 Mar 2024 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130650
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item