Pelaksanaan sistem surveilans epidemiologi penyakit di kantor kesehatan pelabuhan kelas I Surabaya (Bandara Juanda)

Rike Sinta Kurnia Sari (2023) Pelaksanaan sistem surveilans epidemiologi penyakit di kantor kesehatan pelabuhan kelas I Surabaya (Bandara Juanda). Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
Rike Sinta Kurnia Sari_102011133256.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan 1. Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas I Surabaya merupakan unit pelaksana teknis dinas yang dipimpin oleh seorang kepala, serta terdiri atas sub bagian administrasi umum dan kelompok jabatan fungsional. Kelompok jabatan fungsional bertugas memberikan pelayanan fungsional sesuai dengan tugas dan fungsi KKP. Kelompok jabatan fungsional ini bertugas melaksanakan di instalasi sesuai unit kerja masing-masing. KKP Kelas I Surabaya memiliki 4 bidang kegiatan yaitu Tata Usaha, Pengendalian Karantina dan Surveilans Epidemiologi (PKSE), Pengendalian Risiko Lingkungan (PRL), dan Upaya Kesehatan Lintas Wilayah (UKLW). 2. Program utama kesehatan KKP Kelas I Surabaya bidang epidemiologi meliputi, pengendalian karantina dan surveilans epidemiologi (PKSE). Adapun kegiatan dari PKSE sendiri meliputi, pemeriksaan dan penerbitan health certificate OMKABA ekspor; pengawasan kekarantinaan kapal, pesawat udara dan alat transportasi lain; pengangkutan orang sakit / jenazah; pengembangan teknologi; pendidikan dan pelatihan kekarantinaan; SE penyakit, penyakit potensial wabah, penyakit baru, dan penyakit yang muncul kembali; jejaring kerja surveilans epidemiologi nasional dan internasional; kesiapsiagaan, pengkajian, advokasi, dan penanggulangan KLB, bencana dan/atau pasca bencana bidang kesehatanPelaksanaan Surveilans Epidemiologi penyakit di KKP Juanda telah sesuai dengan SOP surveilans penyakit Dirjen PP & PL 2009. 3. Selama melaksanakan kegiatan magang, mahasiswa turut berpartisipasi dalam proses penerbitan health certificate OMKABA (Obat, Makanan, Kosmetik, Alat Kesehatan, dan Bahan Adiktif), Pengawasan termal di terminal 1 dan 2 Bandara Juanda, penginputan data kedatangan dan keberangkatan pesawat pada website SINKARKES, sosialisasi dan helpdesk pelayanan penerbitan health certificate secara online, serta kegiatan diseminasi informasi penyusunan rencana kontigensi KKP Kelas I Surabaya. Saran 1. Secara umum pelaksanaan kegiatan surveilans maupun kegiatan pelayanan di KKP telah sesuai dengan SOP yang berlaku, namun menurut pengamatan di lapangan terdapat beberapa hal yang masih perlu di-upgrate seperti, sistem pencatatan dan perekapan data yang masih dilakukan secara manual dan belum terintegrasi. Dengan demikian, pelaksanaan kegiatan di KKP diharapkan dapat lebih efisien. 2. Pengawasan kedatangan penumpang di terminal 1 dan 2 Bandara Juanda juga dirasa masih cukup longgar. Oleh sebab itu, diharapkan pengawasan kedatangan penumpang lebih diperketat serta diperkuat menggunakan SOP, sehingga dapat lebih efektif dalam melakukan upaya pencegahan penyakit PHEIC (Public Health Emergency of International Concern)

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Surveilans; epidemiologi; penyakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA648.5-767 Epidemics. Epidemiology. Quarantine. Disinfection
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
Rike Sinta Kurnia Sari102011133256
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErni Astutik, S.KM., M.Epid.UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 01 Mar 2024 03:32
Last Modified: 01 Mar 2024 03:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130659
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item