Gambaran Pengolahan Air Baku Menjadi Air Minum Di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang (Studi Di Sumur Supit Urang)

Salsabila Novianti, - (2022) Gambaran Pengolahan Air Baku Menjadi Air Minum Di Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang (Studi Di Sumur Supit Urang). Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Final Laporan Magang_PDAM Kota Malang_Salsabila Novianti_LS.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Air adalah semua air yang terdapat pada, di atas, ataupun di bawah permukaan tanah termasuk air permukaan, air tanah, air hujan, dan air laut yang berada di darat (Yudianto, 2012). Air merupakan unsur yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan makhluk hidup terutama manusia. Kelangsungan hidup manusia sebagian besar membutuhkan air seperti mandi, minum, mencuci, dan lain-lain. Air juga berperan dalam berbagai aspek kehidupan yakni untuk keperluan pertanian, tempat rekreasi, industri, dan lain-lain. Untuk itu air perlu dijaga dan dipelihara agar dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia baik di masa kini maupun di masa yang akan datang. Air yang aman bagi kesehatan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) No. 492 Tahun 2010 tentang Persyaratan Kualitas Air Minum Air adalah air yang memenuhi persyaratan secara fisik, mikrobiologi, kimia, dan radioaktif. Jumlah penduduk di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan sehingga kebutuhan akan air bersih juga terus meningkat. Disisi lain, dampak dari penigkatan jumlah penduduk yaitu menurunnya kualitas air yang dapat disebabkan oleh aktivitas manusia itu sendiri sehingga kekurangan air bersih menjadi masalah yang sering dihadapi (Akhirul et al., 2020). Berbagai jenis pencemar air dapat berasal dari sumber pencemaran domestik (rumah tangga, perkampungan, pasar, dan sebagainya) dan sumber pencemaran non-domestik (pabrik, industri, pertanian, dan sebagainya) yang secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi kualitas air.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Pengolahan Air
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA565-600 Environmental health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Lingkungan
Creators:
CreatorsNIM
Salsabila Novianti, -NIM101811133032
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorLilis Sulistyorini, -NIDN0031036604
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 04 Mar 2024 02:53
Last Modified: 04 Mar 2024 02:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item