Pengamatan Suhu Terhadap Daya Tetas Telur Ikan Mas (Cyprinus Carpio L) Di Kelompok Tani Mina Sejahtera, Pare, Kediri, Jawa Timur

Galuh Eko Wulansari, - (2003) Pengamatan Suhu Terhadap Daya Tetas Telur Ikan Mas (Cyprinus Carpio L) Di Kelompok Tani Mina Sejahtera, Pare, Kediri, Jawa Timur. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
PENGAMATAN SUHU TERHADAP TETES TELUR IKAN MAS20240131_10134099.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Ikan mas ( Cyprinus carpio Link) merupakan salah satu jenis ikan budidaya petani baik budidaya pembenihan, pembesaran dikolam pekarangan ataupun air deras ( Running Water) yang mempunyai nilai ekonomis tinggi. Pemasaran untuk benih ikan mas tombro di desa Surowono Kecamatan Pare Kabupaten Kediri ini biasanya ke Lamongan. Umumnya pada bulan - bulan Oktober banyak membutuhkan benih ikan mas. Pada pembenihan ikan mas tombro dilakukan pemijahan secara alami dan dengan melalui suntikan hormon (Hypojisasi). Jika dilakukan secara alami, indukan bisa Jangsung dimasukkan dalam kolam pemijahan. Pemijahan dapat dilakukan sewaktu-waktu, selarna ikan sudah matang kelamin dan gonad bisa dipijahkan. Melihat hal tersebut diatas, banyak masyarakat yang tertarik untuk membudidayakan ikan mas, sehingga kebutuhan benih ikan semakin meningkat. Kegiatan pembenihan ikan merupakan langkah awal dari budidaya. Keberhasilan usaha pembenihan ikan sangat ditentukan oleh pemilihan induk, konstruksi kolam, persiapan induk, teknik pembenihan. Pembenihan cara yang digunakan di desa Canggu masih menggunakan cara tradisional. Kebiasaan induk setelah melakukan pemijahan tidak menghiraukan lagi kelangsungan hidup anaknya. Hal ini berkaitan dengan faktor suhu dan lingkungan hidup yang spesifik, khususnya petani masih kurang memperhatikan masalah suhu. Disisi lain suhu mempunyai peranan yang penting terhadap daya tetas. Untuk itu penulis ingin melakukan pengamatan antara keduanya untuk diangkat sebagai judul Tugas Akhir.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: Cyprinus carpio Link, budidaya perairan, Hypojisasi, Budidaya ikan
Subjects: S Agriculture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
Galuh Eko Wulansari, -NIM069910146T
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerman Setyono, MS., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:43
Last Modified: 04 Mar 2024 03:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130783
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item