Evaluasi Pemeriksaan Kesehatan Harian Terhadap Pekerja Plant Stop Di Area 31 Dan 32 NPU (Naptha Process Unit) PT. Pertamina (Persero) RU VI Balongan

Erlinda Rasikhah Hadi Salma, - (2019) Evaluasi Pemeriksaan Kesehatan Harian Terhadap Pekerja Plant Stop Di Area 31 Dan 32 NPU (Naptha Process Unit) PT. Pertamina (Persero) RU VI Balongan. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Erlinda_K3_2015.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sampai saat ini minyak bumi masih menjadi komoditas utama di Indonesia, baik sebagai sumber energi maupun sebagai bahan dasar produk turunan untuk pemenuhan kebutuhan masyarakat. Terdapat banyak industri yang dibangun di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Salah satunya yaitu bergerak di bidang gas alam di industri. Proses di dalam industri jelas memerlukan kegiatan tenaga kerja sebagai unsur dominan yang mengelola bahan baku/material, mesin, peralatan dan proses lainnya yang dilakukan di tempat kerja. (A.M. Sugeng Budiono, dkk, 2003). Lingkungan kerja yang kurang mendukung dapat menyebabkan seseorang mengalami stress dan penurunan kesehatan yang dapat berakibat pada berkurangnya konsentrasi dan produktifitas para pekerja. Untuk itu dalam perusahaan perlu adanya pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk memberikan bantuan kepada tenaga kerja dalam penyesuaian diri dengan pekerjaan, melindungi tenaga kerja terhadap setiap gangguan kesehatan yang timbul dari pekerjaan atau lingkungan kerja, Meningkatkan kesehatan badan dan kondisi mental (rohani) dan kemampuan fisik tenaga kerja, memberikan pengobatan dan peralatan serta rehabilitasi bagi tenaga kerja yang sakit. PT. Pertamina (persero) adalah Badan Usaha Milik Negara di bidang oil and gas terbesar di Indonesia, salah satunya adalah PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan. Perusahaan ini berproduksi selama 24 menghasilkan BBM (Bahan Bakar Minyak) dan gas bumi. Untuk itu perlu dilakukan plant stop di beberapa area pada kilang guna pemeliharaan kilang agar tetap berproduksi sesuai target. Kegiatan plant stop ini tentu membutuhkan bantuan dari beberapa perusahaan untuk melakukan pemeliharaan area kilang. Plant stop dilakukan sesuai schedule karena itu, dalam rangka mendukung pelaksanaan plant stop agar berjalan lancar dan baik, PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VI Balongan melaksanakan pemeriksaan kesehatan harian pada pekerja plant stop. Semua pekerja plant stop harus menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum kerja untuk memastikan pekerja tersebut dalam keadaan fit to work. Pemeriksaan kesehatan harian guna mencegah terjadinya insiden termasuk fatality yang disebabkan oleh kondisi kesehatan pekerja konstruksi yang tidak sehat. Sasaran dari pemeriksaan kesehatan harian diprioritaskan bagi pekerja dengan aktivitas fisik yang berat risiko tinggi, yaitu : security, fireman, bekerja di ketinggian, driver mobil, operator alat berat, driver, mobil penumpang, penyelam/ Teknik Bawah Laut.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pelaksanaan Magang, PT Pertamina (Persero), Refinery Unit VI Balongan, Evaluasi Pemeriksaan Kesehatan Harian, Pekerja Plant Stop Di Area 31 Dan 32, NPU (Naptha Process Unit)
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Erlinda Rasikhah Hadi Salma, -NIM 101511133068
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorDani Nasirul Haqi, -NIDN 0011118702
ContributorSyarip Hidayat, --
Depositing User: Novita
Date Deposited: 04 Mar 2024 03:56
Last Modified: 04 Mar 2024 03:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130806
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item