LAPORAN MBKM BY DESIGN FKM UNAIR DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK SERTA PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SURABAYA IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN DI SMP NEGERI 55 SURABAYA

KUSUMA DEWI MUKTI BRATAJAYA, - (2023) LAPORAN MBKM BY DESIGN FKM UNAIR DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK SERTA PENGENDALIAN PENDUDUK DAN KELUARGA BERENCANA KOTA SURABAYA IMPLEMENTASI SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN DI SMP NEGERI 55 SURABAYA. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (Fulltext)
Kusuma Dewi Mukti Bratajaya_102011133088_Laporan MBKM by Design FKM UNAIR.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga berencana (DP3APPKB) Kota Surabaya merupakan Organisasi Perangkat Daerah yang melaksanakan urusan pemerintahan bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan urusan pemerintahan bidang Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Selama kegiatan magang, mahasiswa melakukan berbagai kegiatan yang berdampak positif terhadap pengetahuan dan keterampilan mahasiswa. Kegiatan yang dilakukan diataranya pengintegrasian data kesehatan dan sosial warga surabaya melalui Aplikasi Sayang Warga Surabaya dan Elsimil, assessment SSK, advokasi SSK, sosialisasi SSK, dan pendampingan sekolah. Melalui serangkaian kegiatan yang dilaksanakan, mahasiswa magang berhasil mengaplikasikan pengetahuan yang telah diperoleh dari mata kuliah dalam konteks kehidupan nyata yang terjadi di lingkungan tempat magang dan sekolah-sekolah yang dikunjungi. SMPN 55 Surabaya telah berhasil menerapkan program Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dengan baik, terbukti dari pemenuhan semua unsur SSK di sekolah tersebut. Dengan demikian, SMPN 55 Surabaya dapat dikategorikan sebagai Sekolah Siaga Kependudukan kategori dasar. Implementasi program ini memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa dalam konteks kependudukan. Kegiatan magang tidak terlepas dari kendala yang terjadi, tetapi kendala-kendala tersebut dapat teratasi dengan komunikasi terbuka antara mahasiswa magang, pembimbing, dan pihak terkait. Fleksibilitas, kemauan untuk belajar, dan kerjasama tim juga menjadi kunci untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Magang, Pengintegrasian Data Kesehatan Assessment SSK, Advokasi SSK, Sosialisasi SSK, Pendampingan Sekolah.
Subjects: R Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
KUSUMA DEWI MUKTI BRATAJAYA, -102011133088
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDNurul Fitriyah, S.KM., M.PH.0021117505
Depositing User: Khoirul Falah Saktiko
Date Deposited: 21 Mar 2024 02:19
Last Modified: 21 Mar 2024 02:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130837
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item