Gambaran Proses Perencanaan, Rekrutmen, Dan Seleksi Petugas Di Rumah Sakit Surabaya Medical Services

Khoiriningtyas Ayu Puspita, - (2019) Gambaran Proses Perencanaan, Rekrutmen, Dan Seleksi Petugas Di Rumah Sakit Surabaya Medical Services. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Lamporan Magang AKK_Khoiriningtyas Ayu P_101511133144.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Berdasarkan Undang-undang Nomor 44 Tahun 2009 Tentang Rumah Sakit, rumah sakit diselenggarakan berasaskan Pancasila dan didasarkan kepada nilai kemanusiaan, etika dan profesionalitas, manfaat, keadilan, persamaan hak dan anti diskriminasi, pemerataan, perlindungan dan keselamatan pasien, serta mempunyai fungsi social (Presiden Republik Indonesia, 2009). Tugas rumah sakit adalah memberikan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna. Rumah sakit berfungsi untuk memenuhi kebutuhan pelayanan pengobatan dan pemulihan kesehatan, pemelihaaran dan peningkatan kesehatan perorangan, pendidikan dan pelatihan, penelitian dan pengembangan teknologi di bidang kesehatan. Dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 56 Tahun 2014 tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit, rumah sakit dapat diselenggarakan oleh pemerintah, pemerintah daerah, dan swasta. Sedangkan berdasarkan jenis pelayanan yang diberikan, Rumah Sakit dikategorikan dalam Rumah Sakit Umum dan Rumah Sakit Khusus. Rumah Sakit Umum memberikan pelayanan kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit. Rumah Sakit Khusus memberikan pelayanan utama pada satu bidang atau satu jenis penyakit tertentu berdasarkan disiplin ilmu, golongan umur, organ, jenis penyakit, atau kekhususan lainnya (Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2014). Rumah sakit umum milik swasta diselenggarakan dengan pengawasan dinas kesehatan setempat. Dalam penyelenggaraannya rumah sakit baik rumah sakit umum pemerintah maupun rumah sakit umum swasta memiliki komponen sumber daya yang harus ada dan dikelola dengan baik. Salah satu sumber daya yang menentukan kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit umum ialah sumber daya manusia (SDM) baik SDM kesehatan maupun penunjang dan non-kesehatan. SDM dalam rumah sakit memiliki peran yang penting dalam menjalankan kegiatan di rumah sakit, terutama pada pemberi layanan kesehatan yang harus berhadapan langsung dengan pasien. Sehingga untuk menunjang pemahaman akan pengelolaan sumber daya manusia di rumah sakit perlu dilakukan pengamatan dan pembelajaran secara langsung.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pelaksanaan Magang, Rumah Sakit Surabaya Medical Service (RS SMS), Gambaran Proses Perencanaan, Rekrutmen, Seleksi Petugas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Khoiriningtyas Ayu Puspita, -NIM 101511133144
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorDjazuly Chalidyanto, -NIDN 0008117102
ContributorMuhlas Udin, --
Depositing User: Novita
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:38
Last Modified: 04 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item