Intervensi Manajemen Kebersihan Menstruasi Di Smpn 30 Surabaya

Mutmainnah Khaerati, - (2023) Intervensi Manajemen Kebersihan Menstruasi Di Smpn 30 Surabaya. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
25. 102011133071.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam rangka implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud menyelenggarakan kegiatan magang bagi mahasiwa. Kegiatan magang ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa dan memberikan ilmu tambahan bagi mahasiswa. Kemajuan teknologi dan informasi serta komunikasi dimanfaatkan oleh Ditjen Dikti Kemendikbud untuk menyelenggarakan kegiatan Merdeka Belajar yang dapat mendorong mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dan hard skill. Dengan adanya kegiatan MBKM ini, perguruan tinggi akan lebih mudah menjalin hubungan kerja sama dengan beberapa instansi/perusahaan. Remaja remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menuju dewasa. Pada remaja putri, pubertas ditandai dengan terjadinya menarche atau menstruasi pertama. Menstruasi adalah proses pelepasan dinding rahim (endometrium) yang disertai dengan perdarahan dan terjadi berulang kali setiap bulannya kecuali pada masa kehamilan. Pada saat menstruasi, wanita perlu menerapkan perilaku kebersihan yang tepat untuk menjaga kesehatan fisik dan mentalnya. Kebersihan diri selama menstruasi merupakan langkah awal yang penting untuk mencegah timbulnya penyakit karena tubuh yang bersih dapat mengurangi terjadinya risiko penyakit. Menstrusi merupakan proses alami, namun hal ini dikaitkan dengan beberapa miskonsepsi dan malpraktek yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang serius, seperti infeksi saluran reproduksi dan saluran kemih.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: manajemen kebersihan; menstruasi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > S1 Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
Mutmainnah Khaerati, -NIM 102011133071
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorMuthmainnah, -NIDN 0021068803
ContributorMuhammad Afrianto Kurniawan, --
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 04 Mar 2024 06:44
Last Modified: 04 Mar 2024 06:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130855
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item