PENGARUH PEMBERIAN AIR SUNGAI DAN PDAM JAGIR TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI HATI DAN AKTIVITAS ENZIM SGPT DAN SGOT TIKUS PUTIH (Ratttis noru9SicUSJ

SRI UNTARI WIDIJUSWATI, - (1994) PENGARUH PEMBERIAN AIR SUNGAI DAN PDAM JAGIR TERHADAP GAMBARAN HISTOPATOLOGI HATI DAN AKTIVITAS ENZIM SGPT DAN SGOT TIKUS PUTIH (Ratttis noru9SicUSJ. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
sri untari widjiuswati20240205_15002766.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pemeriksaan gambaran histopatologi hati dan aktivitas enzim Serum Glutamat Piruvat Transaminase ~SGPT) dan Serum Glutamat Oksalasetat Transaminase (SGOT) setelah pemberian air sungai dan PDAM Jagir pada tikus putih (Ratttis noru9sictisJ selama 30 hari . Tikus putih bet ina (Rattus noru9sictisJ sebanyak 30 ekor dengan srain Wistar dengan berat antara 100 - 150 gram yang berumur tiga bulan diadaptasikan selama satu minggu, kemudian dibagi menjadi tiga kelompok. Tiap kelompok berisi 10 ekor dengan rincian sebagai berikut kelompok PO adalah kelompok kontrol yang diberi minum air minum kemasan, kelompok P1 adalah kelompok yang diberi minum air PDAM, dan kelompok P2 adalah kelompok yang diberi minum air sungai Jagir yang diambil setiap hari sebelum pintu air Jagir . Ketiga perlakuan dilakukan sela- 30 hari . Untuk perhitungan kadar enzim SGPT dan SGOT rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan tiga macam perlakuan dan 10 kali ulangan, kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji F. Untuk gambaran histopatologisnya data yang di peroleh dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis . Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pember ian air minum kemasan, air .PDAM dan air sungai Jagir tidak berpengaruh terhadap gambaran histopatologi hati dan aktivitas enzim SGPT dan SGOT tikus putih (Rattus noru9sictisJ (p > 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
SRI UNTARI WIDIJUSWATI, -NIM068911567
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAJIK AZMIJAH, --
Depositing User: Agung BK
Date Deposited: 04 Mar 2024 07:38
Last Modified: 21 Mar 2024 01:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130872
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item