PENGARUH ANTARA PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PROFESI KARYAWAN PADA PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE

Amaranggana, Amanta PENGARUH ANTARA PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PROFESI KARYAWAN PADA PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE. PENGARUH ANTARA PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN DENGAN LOYALITAS KONSUMEN PROFESI KARYAWAN PADA PENGGUNAAN JASA OJEK ONLINE. (Unpublished)

[img] Text
ARTIKEL JURNAL_112011133101_AMANTA AMARANGGANA.pdf

Download (318kB)

Abstract

Indonesia menjadi salah satu negara yang memanfaatkan teknologi untuk menggunakan ride-hailing service, salah satunya dalam bentuk ojek online. Karyawan merupakan salah satu kategori pengguna ojek online tertinggi di Indonesia. Kebutuhan karyawan yang memiliki jam kerja tinggi untuk dapat bertransportasi secara cepat, harga terjangkau, dan efisien membuat pilihan untuk menggunakan ojek online menjadi populer. Indonesia memiliki beberapa platform yang menyediakan jasa ojek online di Indonesia seperti Gojek, Grab, Maxim, dan InDrive. Akan tetapi, dibandingkan menggunakan ragam platform, karyawan cenderung menggunakan salah satu platform yang disukainya sebagai pilihan untuk bertransportasi sehari-hari menuju dan/atau pulang dari tempat bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan di antara persepsi kualitas pelayanan (perceived service quality) terhadap loyalitas konsumen (customer loyalty) dalam studi kasus karyawan pengguna ojek online di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang melibatkan 201 partisipan karyawan pengguna ojek online di Indonesia. Instrumen dari penelitian ini adalah alat ukur kualitas pelayanan (perceived service quality) dan loyalitas konsumen (customer loyalty). Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi kualitas pelayanan memiliki korelasi yang signifikan terhadap loyalitas konsumen (rho = 0,442). Berdasarkan hasil tersebut, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa dalam industri jasa ride hailing service seperti ojek online, loyalitas konsumen dipengaruhi oleh persepsi konsumen terhadap kualitas pelayanan yang diterima. Kata kunci: Karyawan, Loyalitas Konsumen, Ojek Online, Persepsi Kualitas Pelayanan

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion
B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF1-940 Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Amaranggana, Amanta112011133101
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDHadi, Cholichul196403231989031002
Depositing User: Amanta Amaranggana
Date Deposited: 06 Mar 2024 00:28
Last Modified: 06 Mar 2024 00:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130904
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item