Gambaran Umum Pencegahan Gas H2s Di Wilayah Central Processing Area (CPA) Dan Lapangan Mudi Pad A Joint Operating Body (JOB) Pertamina – Petrochina East Java

Feby Indera Perdana, - (2010) Gambaran Umum Pencegahan Gas H2s Di Wilayah Central Processing Area (CPA) Dan Lapangan Mudi Pad A Joint Operating Body (JOB) Pertamina – Petrochina East Java. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Fulltext.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Pencarian minyak dan gas bumi di Indonesia dimulai pada tahun 1871. Undang-undang tentang pertambangan minyak dan gas bumi pertama kali dikeluarkan pada tahun 1899 (Indische Minjwet, 1899) yang mengatur hak dan kewajiban pemegang konsesi (Wilayah Kuasa Pertambangan Terhadap Pemerintah). Baru pada tahun 1930 aspek keselamatan kerja termasuk pengawasannya ditangani secara hukum yakni dengan diundangkannya Mijn Ordannantie dan Mijn Politie Reglement yang antara lain mengatur wewenang instansi pemerintah yang bertanggung jawab tentang pengawasan dan pengendalian atas keselamatan kerja yaitu Kepala Inspeksi Tambang dan petugasnya. Sejarah perkembangan usaha pertambangan minyak dan gas bumi di Indonesia sejak jaman penjajahan Belanda menunjukkan bahwa hal-hal yang menyangkut kesehatan dan keselamatan kerja serta lingkungan hidup telah menjadi masalah utama yang perlu diawasi oleh pemerintah secara ketat. Usaha pertambangan minyak dan gas bumi merupakan kegiatan yang mempunyai risiko yang cukup besar, sehingga masalah keselamatan kerja perlu mendapat perhatian khusus.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Pencegahan Gas H2s, Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Feby Indera Perdana, -NIM100610044
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAbdul Rohim Tualeka, -NIDN0024116603
Depositing User: Fahimatun Nafisa Nafisa
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:22
Last Modified: 05 Mar 2024 02:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130920
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item