Business Process Improvement Kegiatan Kesan Dan Pesan Setelah Layanan (Kessan) Sebagai Indikator Kepatuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Per

Muhammad Rizky Widodo, - (2022) Business Process Improvement Kegiatan Kesan Dan Pesan Setelah Layanan (Kessan) Sebagai Indikator Kepatuhan Fasilitas Kesehatan Tingkat Per. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (LAPORAN MAGANG)
19. Muhammad Rizky Widodo.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

BPJS Kesehatan KCU Surabaya memiliki enam bidang kerja yaitu bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta (KPP), bidang Penjaminan Manfaat Primer (PMP), bidang Penjaminan Manfaat Rujukan (PMR), bidang Penagihan dan Keuangan (PK), bidang Perluasan Pengawasan Pemeriksaan Peserta (P4), dan bidang SDM, Umum, Komunikasi Publik (SDMUKP), dan tambahan IT Help Desk. BPJS Kesehatan KCU Surabaya memiliki 123 karyawan. Selain itu, visi dan misi dari BPJS Kesehatan Cabang Pekalongan mengikuti visi dan misi BPJS Kesehatan Pusat. Pembelajaran proses bisnis, tugas pokok, dan fungsi bidang kerja yang ada di BPJS Kesehatan KCU Surabaya dilakukan secara bergiliran pada setiap bidang yang ada. Pembelajaran dalam proses magang dilakukan melalui kegiatan pemaparan oleh staf dan kepala bidang, observasi proses kerja yang ada, dan melalui partisipasi langsung dalam tugas yang sedang berjalan di kantor cabang. Pada proses business process improvement yang telah dilakukan, ditemukan masalah bahwa besar sampel pada kegiatan KESSAN tidak representatif. Analisis akar masalah menunjukkan beberapa akar masalah baik dari segi FKTP, pengetahuan dan kemauan peserta dalam mengisi KESSAN, dan dari segi BPJS Kesehatan sendiri sebagai penyelenggara. Atas akar masalah yang ditemukan, dirumuskan beberapa solusi beserta rencana pelaksanaan, dan indikator keberhasilan. Solusi yang dirumuskan mulai dari melakukan sosialisasi dan pembuatan media promosi, perubahan kriteria penilaian WTA-KESSAN, pengujian dan peninjauan ulang aplikasi BPJS Kesehatan, pembuatan WhatsApp Bot dan SMS Blast, penambahan jumlah media dan pengaturan peletakan media, serta pembuatan prosedur operasional.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Business Process Improvement
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Rizky Widodo, -NIM101811133169
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorInge Dhamanti, -NIDN0024128003
Thesis advisorEka Wahyudi, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 05 Mar 2024 05:49
Last Modified: 05 Mar 2024 05:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130951
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item