Gambaran Proses Penyusunan Standar Prosedur Operasional (SPO) Di RSUD Dr. Mohamad Soewandhie

Michelle Yovita Cendana, - (2023) Gambaran Proses Penyusunan Standar Prosedur Operasional (SPO) Di RSUD Dr. Mohamad Soewandhie. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (LAPORAN MAGANG)
29. Michelle Yovita Cendana.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

RSUD dr. Mohamad Soewandhie merupakan rumah sakit di bawah Pemerintah Kota Surabaya yang beralamatkan di Jalan Tambakrejo Nomor 45 – 47, RT 003/RW 007, Kelurahan Tambakrejo, Kecamatan Simokerto sebagai rumah sakit tipe kelas B Pendidikan. Adapun struktur organisasi rumah sakit ini dipimpin oleh Direktur rumah sakit dan dibawahnya terdapat berbagai bidang dan bagian untuk mendukung berjalannya aktivitas di rumah sakit. Beberapa tim kerja yang berada di bawah bidang dan bagian yang disebutkan antara lain adalah umum dan kepegawaian, perencanaan dan evaluasi, keuangan, keperawatan pendidikan dan penelitian, pelayanan medik, penunjang non medik, dan penunjang medik. Berbagai aktivitas mahasiswa laksanakan di RSUD dr. Soewandhie pada berbagai Tim Kerja seperti Perencanaan dan Evaluasi, Umum dan Kepegawaian, Keuangan, Pelayanan Medik, dan Manajer Pelayanan Pasien (MPP). Setiap aktivitas dilaksanakan sesuai tugas yang tercantum dalam Keputusan Walikota dan memiliki pembelajaran khususnya dalam bidang AKK yang diperoleh. Terdapat 6 (enam) mata kuliah semester 7 peminatan Administrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) yang dicapai melalui MBKM by Design di RSUD dr. Mohamad Soewandhie. Pada mata kuliah Analisis Kebijakan Kesehatan diperoleh pembelajaran mengenai level makro, meso, dan mikro yang berlaku di organisasi serta bagaimana cara organisasi dalam merumuskan dan mengevaluasi kebijakan yang berlaku di RSUD dr. Mohamad Soewandhie. Mata kuliah manasjemen strategik diperoleh pemeblajaran mengenai penyusunan visi misi strategi, analisis lingkungan eksternal dan interna, budaya organisasi, serta proses cascading. Mata kuliah Pemasaran Jasa di Bidang Kesehatan memperoleh pembelajaran mengenai strategi pemasaran STP, taktik pemasaran, bauran pemasaran 7P, tingkat kepuasan, Customer Relationship Management (CRM). Mata kuliah Sistem Informasi Manajemen Kesehatan dan Rumah Sakit memperoleh tentang SIM yang berlaku di rumah sakit, mekanisme SIMRS, alur data dan informasi di rumah sakit, serta menganalisis sitem yang sudah ada saat ini. Mata kuliah asuransi kesehatan mempelajari tentang kerja sama dengan asuransi dan pengelolaan peserta asuransi. Serta mata kuliah metode aplikais penelitian aplikasi memperoleh indikator kinerja organisasi, masalah kinerja yang dihadapi, serta pedoman pelaksanaan program di RSUD dr. Mohamad Soewandhie Standar Prosedur Operasional (SPO) di RSUD dr. Mohamad Soewandhie merupakan sebuah panduan bagi unit kerja dalam melaksanakan aktivitasnya. SPO disusun berdasarkan Pedoman yang telah ada di rumah sakit. SPO disusun dalam bentuk Microsoft Word yang ditulis oleh unit kerja masing-masing. Kemudian dilakukan editing oleh tim sekretariat lalu diparaf oleh kepala unit kerja dan disahkan oleh tanda tangan Direktur Rumah Sakit. Kendala yang dihadapi adalah CPMK yang tidak dapat diperoleh dari seluruh kegiatan aktivitas sehingga perlu wawancara tambahan dan memungkinkan adanya poin yang terlewat karena melalui wawancara.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Additional Information: -
Uncontrolled Keywords: Standar Prosedur Operasional (SPO); RSUD Dr. Mohamad Soewandhie
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3566-3578 Public health
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Michelle Yovita Cendana, -NIM102011133004
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorErnawaty, -NIDN0020046605
Thesis advisorFransisca Sri Murdati, -NIDN-
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:20
Last Modified: 05 Mar 2024 08:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130989
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item