Gambaran Penanganan Komplikasi Kebidanan di Puskesmas Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan

Farida (2021) Gambaran Penanganan Komplikasi Kebidanan di Puskesmas Jaddih Kecamatan Socah Kabupaten Bangkalan. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
22. FARIDA_101711133064.pdf

Download (3MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan Ibu dan Anak dari dulu hingga sekarang selalu menjadi perhatian pemerintah karena Angka Kematian Ibu (AKI) yang tidak pernah menurun. Akibat dari tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) maka Indonesia diberikan tantangan untuk menjadikan salah satu komitmen prioritas nasional, artinya harus mengakhiri kematian ibu saat hamil dan melahirkan (Susiana, 2019). Sedangkan kematian ibu dapat dicegah dengan melalui antenatal yang teratur, deteksi dini pada komplikasi kehamilan, hidup sehat dengan pemenuhan gizi yang seimbang, dan lain sebagainya. Cakupan komplikasi kebidanan di Kabupaten Bangkalan pada tahun 2019 sudah mencapai target yaitu sebesar 80.66, tetapi masih perlu penguatan masing-masing dari Puskesmas yang ada di Kabupaten Bangkalan. Supaya Puskesmas mampu menatalaksana gawat darurat maternal dan cakupan komplikasi kebidanan dapat ditangani serta dapat mencapai target selanjutnya. Melihat Angka Kematian Ibu (AKI) di Kabupaten Bangkalan yang belum stabil, maka pelayanan kesehatan bagi ibu harus ditingkatkan lagi. Karena, pada dasarnya banyak diantara ibu yang berkategori tidak berisiko mengalami penyulit atau komplikasi kebidanan, begitupun sebaliknya bagi ibu yang dikategorikan berisiko ternyata baik-baik saja. Pelayanan kesehatan Masyarakat harus memiliki kemampuan untuk memberikan pelayanan yang bermutu dan menyeluruh supaya tujuan pembangunan kesehatan bisa tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Komplikasi, Kebidanan, Puskesmas, Angka kematian
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Epidemiologi
Creators:
CreatorsNIM
FaridaNIM101711133064
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRachmah IndawatiNIDN0025056605
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 05 Mar 2024 08:47
Last Modified: 05 Mar 2024 08:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/130998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item