Studi Tentang Usaha Pembenthan Lobster Air Tawar Red Claw (Cherax quadricarinatus) DI Extra Farm Kaliasin Pompa 47 Surabaya Jawa Timur

Andreas Arma Kusuma, - (2006) Studi Tentang Usaha Pembenthan Lobster Air Tawar Red Claw (Cherax quadricarinatus) DI Extra Farm Kaliasin Pompa 47 Surabaya Jawa Timur. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (Fulltext)
STUDI TENTANG USAHA PEMBENIHAN LOBSTER AIR20240130_15474545.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Lobster air tawar adalah salah satu genus yang termasuk dalam kelompok udang (Crustacea) air tawar yang secara alami memiliki ukuran tubuh yang relatif besar dan memiliki daur hidup yang hanya dapat tinggal di lingkungan air tawar. Keberadaan lobster air tawar di Indonesia dapat dikatakan suatu yang baru, khususnya lobster jenis Cherax quadricarinatus atau biasa disebut dengan red claw. Red claw berasal dari Queensiand, Australia. Namun ada juga yang tersebar di Amerika Serikat dan sampai perairan Papua, Indonesia, meskipun jumlahnya sedikit (Iskandar,2003). Red claw pada dasamya dapat hidup diberbagai habitat. Hanya saja untuk meningkatkan produktivitasnya dalam berkembang biak, red claw cenderung cocok pada suhu antara 20-24°C. Kendisi tersebut sesuai dengan iklim di Indonesia sehingga sangat mendukung serta menguntungkan jika dibudidayakan {Wiyanto,2003). Lobster air tawar sebenamya sudah lama dibudidayakan di habitat alaminya, Queensland, Australia dan perairan Amerika Serikat. Di Indonesia budidaya lobster air tawar dirintis pada tahun 1991. Pada awalnya budidaya hanya dilakukan oleh beberapa peternak karena adanya kendala keterbatasan jumlah induk yang tersedia dalam negeri. Pada saat itu induk-induk lobster yang dibudidayakan harus didatangkan dari Australia.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Uncontrolled Keywords: Lobster, Red Claw
Divisions: 15. Fakultas Vokasi
Creators:
CreatorsNIM
Andreas Arma Kusuma, -060310373T
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgustono, --
Thesis advisorAbdul Manan, --
Depositing User: Mrs Amalia Tri
Date Deposited: 05 Mar 2024 10:24
Last Modified: 05 Mar 2024 10:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131004
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item