Analisis Tren Kunjungan Pasien Rumah Sakit Mata Masyarakat Provinsi Jawa Timur Saat Sebelum Pandemi Dan Saat Terjadi Pandemi

Alifandra Azya Saniputra, - (2021) Analisis Tren Kunjungan Pasien Rumah Sakit Mata Masyarakat Provinsi Jawa Timur Saat Sebelum Pandemi Dan Saat Terjadi Pandemi. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
Laporan Magang_Alifandra Azya.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Sejak diumumkan pertama kali pada Desember 2019, jumlah penderita COVID -19 terus meningkat. Penyakit ini awalnya terjadi di Wuhan, provinsi Hubei, China dan dikaitkan dengan pasar binatang. Dalam rentang waktu satu bulan terjadi peningkatan kasus yang signifikan dan meluas ke beberapa provinsi di China, bahkan ke Jepang, Thailand dan Korea Selatan. Penyebaran penyakit yang begitu cepat serta meluas ke beberapa negara menyebabkan World Health Organization (WHO) akhirnya mengumumkan COVID-19 sebagai pandemi pada 12 Maret 2020. Dengan begitu cepatnya penularan Covid-19 ini membuat masyarakat khawatir dan resah unutk keluar rumah dikarenakan takut terjangkit atau tertular oleh virus ini. Pandemi yang terjadi ini jelas memberi dampak yang signifikan terhadap jumlah kunjungan pada fasilitas kesehatan yang ada. Orang menjadi takut untuk keluar dari rumah dikarenakan takut tertular Covid-19. Banyak orang menjadi khawatir karena virus ini begitu mudah menular dari satu individu ke individu yang lain. Melakukan physical distancing adalah salah satu cara memutus transmisi penyebaran Covid-19. Masyarakat diminta untuk mengurangi aktivitas diluar rumah dan diharuskan menjaga jarak satu sama lain agar terhindar dari penularan virus. Adanya himbauan melakukan untuk melakukan physical distancing ditambah dengan kebijakan pemerintah memberlakukan kebijakan pembatasan sosial berskala besar membuat aktivitas dan mobilitas masyarakat menjadi menurun. Banyak tempat-tempat umum yang sepi karena adanya kebijakan ini. Fasilitas kesehatan juga menjadi salah satu tempat yang banyak dihindari oleh masyarakat pada saat pandemi. Masyarakat menilai bahwa di fasilitas kesehatan adalah tempat dengan risiko penularan tertinggi sehingga bisa mudah terkena virus jika berkunjung pada fasilitas kesehatan. Hal ini yang membuat jumlah kunjungan terhadap fasilitas kesehatan menjadi menurun. Pada penelitian ini akan dilakukan analisis tren kunjungan rawat jalan di Rumah sakit mata masyarakat Jawa timur berdasarkan cara pendaftaran sebelum dan saat pandemi, dan juga analisis tren kunjungan berulang pada pasien lama pada saat sebelum pandemi dan saat terjadi pandemi. Analisis ini dilakukan untuk mencari tahu seberapa banyak pasien rawat jalan dan pasien lama yang melakukan kunjungan ke Rumah sakit mata masyarakat saat sebelum pandemi dan saat terjadi pandemi.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Laporan Pelaksanaan Magang, Analisis Tren Kunjungan Pasien, Rumah Sakit Mata Masyarakat Provinsi Jawa Timur, Sebelum Pandemi Dan Saat Terjadi Pandemi
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA428-428.5 Public health laboratories, institutes, etc.
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Biostatistika dan Kependudukan
Creators:
CreatorsNIM
Alifandra Azya Saniputra, -NIM 101711133224
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorDiah Indriani, --
ContributorTri Kartikawati, --
Depositing User: Novita
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:46
Last Modified: 06 Mar 2024 03:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131053
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item