Gambaran Kebisingan dan Keluhan Subjektif Pendengaran Non Auditory Pekerja Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo

Nur Kartika Dewi Arum Hananingtyas (2023) Gambaran Kebisingan dan Keluhan Subjektif Pendengaran Non Auditory Pekerja Pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (FULLTEXT)
28. NUR KARTIKA DEWI ARUM HANANINGTYAS_102011133025.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Kebisingan dalam industri manufaktur seringkali menjadi hambatan dalam menjaga kesehatan dan produktivitas pekerja. Menurut Lubis (2023), menyebutkan bahwa kebisingan di lingkungan kerja industri manufaktur dapat timbul dari berbagai sumber, termasuk mesin-mesin produksi, penggunaan alat berat, dan proses manufaktur. Sama halnya dengan salah satu perusahaan manufaktur yang bergerak di bidang pakan ternak di Jawa Timur, yaitu PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo. Mayoritas proses produksi pada PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo menggunakan mesin dan peralatan yang menimbulkan bahaya kebisingan dan dapat menyebabkan risiko keselamatan maupun kesehatan pekerja. Adapun berdasarkan pengujian lingkungan kerja yang dilakukan di PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo pada tahun 2021, 2022, dan 2023, didapatkan hasil bahwa uji kebisingan pada area produksi seperti Hand Add, Separator Silo, Hammer Mill, Bagging Off, dan Dosing melebihi NAB yang telah ditetapkan. Sehingga, penulis ingin melakukan kajian mengenai gambaran kebisingan dan keluhan subjektif pendengaran pekerja pada area produksi PT. Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. Plant Margomulyo.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Kebisingan, Industri manufaktur, pekerja
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T55-T55.3 Industrial safety. Industrial accident prevention
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM
Nur Kartika Dewi Arum HananingtyasNIM102011133025
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAbdul RohimNIDN0024116603
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 06 Mar 2024 04:40
Last Modified: 06 Mar 2024 04:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131073
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item