Pengaruh Pemberian Ampas Tahu Hasil Fermentasi Ragi Tempe Sebagai Substitusi Pakan Komersial Terhadap Produksi Dan Berat telur Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica)

Achmad Hudori (2001) Pengaruh Pemberian Ampas Tahu Hasil Fermentasi Ragi Tempe Sebagai Substitusi Pakan Komersial Terhadap Produksi Dan Berat telur Burung Puyuh (Coturnix coturnix japonica). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text
abstrak achmad hudori.pdf

Download (627kB)
[img] Text
achmad hudori.pdf

Download (9MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian substitusi ampas tahu hasil fennentasi ragi tempe pada pakan komersial terhadap produksi dan berat telur burung puyuh (Colurnix colurnix japonica). Penelitian ini menggunakan 40 hewan coba yaitu burung puyuh betina yang telah berproduksi berumur 10 minggu. Hewan coba dibagi dalam empat perlakuan dan setiap perlakuan mendapat 10 ulangan. Empat perlakuan tersebut terdiri dari Po sebagai kontrol tanpa pemberian substitusi ampas tahu fermentasi, PI dengan pemberian substitusi ampas tahu fermentasi 5 persen, P2 10 persen dan P3 15 persen. Pakan perlakuan menggunakan pakan komersial CP 591 produksi Phokphand dan ampas tahu yang difermentasi dengan inokulum ragi tempe. Metode penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL). Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan Analisis Varian (ANA VA). Jika terdapat perbedaan yang nyata dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) 5%. Peubah yang diamati adalah produksi dan berat telur selama tiga minggu masa perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian substitusi ampas tahu hasil fermentasi ragi tempe berbeda nyata (p<0,05) terhadap produksi telur. Uji Beda Nyata Terkecil lima persen (BNT 5%) menunjukkan produksi telur tertinggi terdapat pada Po yang tidak berbeda nyata dengan P2 dan PI, terendah terdapat pada P3 meskipun tidak berbeda nyata dengan PI. Berat telur menunjukkan perbedaan yang nyata (p<0,05). Hasil uji BNT 5% menunjukkan berat telur tertinggi terdapat pada Po yang tidak berbeda nyata dengan P2. PI tidak berbeda nyata dengan P2, sedangkan berat telur terendah terdapat pada P3 yang berbeda nyata dengan Po. P2 dan PI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pakan burung
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
Achmad HudoriNIM069512156
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDRohciman Sasmita-
UNSPECIFIEDSri MulyatiNIP'196106111988032001
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 06 Mar 2024 06:14
Last Modified: 06 Mar 2024 06:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131092
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item