LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR : MANAJEMEN LOGISTIK OBAT GOLONGAN PSIKOTROPIKA DI INSTALASI FARMASI PROVINSI JAWA TIMUR DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR

ANA MARIATUL ULFA, - (2020) LAPORAN PELAKSANAAN MAGANG DI DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR : MANAJEMEN LOGISTIK OBAT GOLONGAN PSIKOTROPIKA DI INSTALASI FARMASI PROVINSI JAWA TIMUR DINAS KESEHATAN PROVINSI JAWA TIMUR. Laporan Magang thesis, Universitas Airlangga.

[img] Text (ABSTRAK)
ANA MARIATUL ULFA-101611133082 - ABSTRAK1.pdf

Download (129kB)
[img] Text (FULLTEXT)
ANA MARIATUL ULFA-101611133082.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesimpulan yang dapat diambil dari pelaksanaan magang ini adalah sebagai berikut: 1. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu unsur yang menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam bidang kesehatan di Jawa Timur yang dipimpin oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi yang bertanggung jawab kepada Gubernur Jawa Timur. Bidang Sumber Daya Kesehatan mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan kebijakan operasional di bidang Kefarmasian, Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga sertaSumber Daya Manusia Kesehatan. 2. Perencanaan obat yang dilakukan oleh Instalasi Farmasi Provinsi Jawa Timur berupa pengumpulan RKO (Rencana Kebutuhan Obat) yang diminta dari bagian program. Bembuatan RKO dilakukan secara berjenjang mulai dari perencaan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (Puskesmas) untuk program tertentu kemudian dikirimkan kepada Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota dan selanjutnya akan direkapitulasi oleh Instalasi Farmasi Provinsi Jawa Timur yang pada akhirnya akan diajukan sebagai perencaanaan kebutuhan obat untuk tahun selanjutnya. 3. Proses penerimaan dan pemeriksaan obat di Instalasi Farmasi Provinsi Jawa Timur telah sesuai dengan ketentuan di mana setiap melakukan penerimaan dan pemerikasaan memperhatikan critical point yaitu kesesuaian dengan pesanan yang telah dilakukan sebelumnya. Pemeriksaan dilakukan dengan mengecek kesesuaian faktur dengan barang yang diterima. 4. Sebagian besar kegiatan penyimpanan dan pemusnahan yang dilakukan diInstalasi Farmasi Provinsi telah sesuai dengan ketentuan dan peraturan yang berlaku. 5. Kegiatan distribusi obat di Instalasi Farmasi Provinsi Jawa Timur berupa pengiriman atau distribusi ke kabupaten atau kota yang sebelumnya telah memberikan perencanaan kebutuhan obatnya (RKO). Selain menerima, Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota dapat meminta (melakukan pengambilan) obat ke Instalasi Farmasi Provinsi Jawa Timur. Jadi terdapat penggabungan antara Teknik pengambilan dan teknik push yang dilakukan dalam distribusi obat.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN KESEHATAN
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
ANA MARIATUL ULFA, -NIM101611133082
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorILHAM AKHSANU RIDLO, 198603232015041003NIDN0023038604
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 07 Mar 2024 07:39
Last Modified: 07 Mar 2024 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131219
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item