SIGI TOKSOPLASMOSIS PADA DAGING AYAMDI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KOTA SURABAYA

DIAN LESTARI WIDIYASTUTI, - (2004) SIGI TOKSOPLASMOSIS PADA DAGING AYAMDI BEBERAPA PASAR TRADISIONAL KOTA SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text
SIGI TOKSOPLASMOSIS PADA DAGING AYAM -DIAN LESTARI WIDIY ASTUTI - ABSTRAK.pdf

Download (603kB)
[img] Text
SIGI TOKSOPLASMOSIS PADA DAGING AYAM -DIAN LESTARI WIDIY ASTUTI.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kejadian toksoplasmosis melalui dcteksi kista Toxoplasma gondii pada daging ayam di beberapa pasar kotaSurabaya serta untuk mengetahui perbedaan kejadian toksoplasmosis pada dagingayam ras dan daging ayam buras di beberapa pasar kota Surabaya yangdiinolukasikan pada mencit.Sejumlah 50 ekor ayam dewasa yang terdiri dari 25 ekor ayam ras dan 25ekor ayam buras diambil dari beberapa pasar di kota Surabaya. Setelahdisembclih setiap ekor ayam diambil sebagian daginh'l1ya kemudian hasil masingmasingsuspensi daging tersebut diinokulasikan pada dua ekor mencit secara intraperitoneal. Tujuh hari pasca infeksi diperiksa adanya T gondii stadium takizoitdari cairan intra peritoneal mencit, kemudian setelah satu bulan pasca infeksidiperiksa adanya stadium kista dari otak mencit.Hasil persentase kejadian menunjukkan ballwa dari 50 ekor ayam yangdiperiksa 24 % (enam ekor ayam ras) dan 12 % ( tiga ekor ayam buras) dengantotal 18 % ( sembilan ekor ayam ) positif terhadap toksoplasmosis. Analisis yangdiglmakan pada penelitian ini adalah dengan mengh'lmakan uji Chi-kuadrat danmenunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang nyata (p>0,05) antara kejadiantoksoplasmosis antara ayam ras dan ayam buras.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TOKSOPLASMOSIS
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
DIAN LESTARI WIDIYASTUTI, -NIM060132969
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDEndang Suprihati, -NIDN0021105804
UNSPECIFIEDNunuk Dyah Retno, -NIDN0018045303
Depositing User: Dewi Puspita
Date Deposited: 08 Mar 2024 04:13
Last Modified: 08 Mar 2024 04:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131258
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item