Adinda Fatma Purnamasari, -
(2024)
Faktor-Faktor Pembentuk Employee Engagement Pada Bisnis Keluarga.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat membentuk employee engagement dalam bisnis keluarga. Hal ini dilatarbelakangi oleh maraknya fenomena bisnis keluarga khususnya di Indonesia. Peneliti menemukan keunikan sikap dan perilaku para pelaku bisnis keluarga dalam menjalankan bisnisnya. Sikap dan perilaku tersebut menunjukkan adanya unsur-unsur dalam employee engagement. Untuk mendapatkan pemahaman tersebut, penelitian ini menggunakan perspektif social constructionist yang memandang bahwa realitas itu dikonstruksikan secara sosial sebagai hasil dari interaksi sosial antara individu satu dengan yang lainnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan wawancara apresiatif dalam pendekatan appreciative inquiry, sehingga cerita yang ada terkait langsung dengan pengalaman positif dari para pelaku bisnis keluarga dalam menjalankan bisnisnya yang dapat digali secara mendalam.
Dari hasil wawancara apresiatif yang telah dilakukan menghasilkan cerita dan kisah inspiratif yang menggambarkan faktor-faktor pembentuk employee engagement pada bisnis keluarga. Tercatat ada lima faktor yang dapat ditemukan, yaitu: karakter, perkembangan, masyarakat & kepedulian sosial, konsisten, dan image. Dari kelima faktor tersebut menghasilkan pelaku bisnis yang engaged terhadap bisnis keluarganya.
Actions (login required)
|
View Item |