Laporan Magang Gizi Klinik Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya

Tia Eka Novianti, - and Lyna Nur Afifah, - and Nurul Fitriyah, - (2019) Laporan Magang Gizi Klinik Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. UNIVERSITAS AIRLANGGA, SURABAYA.

[img] Text (FULLTEXT)
Tia Eka Novianti.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Menurut Undang-undang RI no 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit menyebutkan bahwa rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat. Disebutkan juga rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan bagi masyarakat dengan karakteristik tersendiri yang dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan kesehatan, kemajuan teknologi, dan kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang harus tetap mampu meningkatkan pelayanan yang lebih bermutu dan terjangkau oleh masyarakat agar terwujud derajat kesehatan yang setinggi-tingginya (Depkes RI, 2009). Pelayanan gizi rumah sakit adalah kegiatan pelayanan gizi di rumah sakit untuk memenuhi kebutuhan gizi pasien di rumah sakit, baik rawat inap maupun rawat jalan, untuk keperluan metabolisme tubuh, dan untuk peningkatan kesehatan maupun mengoreksi kelainan metabolisme, dalam upaya preventif, kuratif, promotif, dan rehabilitatif. Pelayanan gizi ini disesuaikan dengan keadaan individu dan berdasarkan status gizi, anamnesa, dan status metabolisme tubuh. Dengan memberikan terapi pada makanan dan disesuaikan dengan jenis penyakit pasien. Keadaan gizi pasien mempunyai peranan penting dalam proses penyembuhan penyakit, sebaliknya proses perjalanan penyakit berpengaruh pada keadaan gizi seseorang (Kemenkes RI, 2014).

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Rumah Sakit, Gizi Pasien, Manajemen Rumah Sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Gizi Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
Tia Eka Novianti, -NIM101611233008
Lyna Nur Afifah, -NIM101611233026
Nurul Fitriyah, -NIM101611233051
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFarapti, dr., M.Gizi-
Thesis advisorYuyun Eka Sari,, Amd.Gz-
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 12 Mar 2024 03:45
Last Modified: 12 Mar 2024 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131293
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item