Pengalaman Stres Dan Coping Stress Strategy Pada Mahasiswa Baru Asal Riau Yang Berkuliah Di Surabaya

Dini Eka Pratiwi, - (2011) Pengalaman Stres Dan Coping Stress Strategy Pada Mahasiswa Baru Asal Riau Yang Berkuliah Di Surabaya. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
110610207.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman stress dan strategi coping stress pada mahasiswa riau yang berkuliah di surabaya. Pengalaman stres dan stretegi coping stres pada mahasiswa riau ini dapat diartikan sebagai pemberian makna terhadap sumber-sumber stres yang muncul sebagai mahasiswa perantauan serta bagaiman individu tersebut melakukan usaha-usaha baik secara kognitif maupun perilaku untuk mengatasi, meredakan dan mentolerir tuntutan-tuntutan internal maupun eksternal yang dialami akibat menjadi mahasiswa perantauan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini meliputi eksplorasi pada pengalaman stres dan strategy coping stress dalam mengatasi sumber-sumber stress yang muncul sebagai mahasiswa perantauan. Penelitian ini menggunakan 2 orang subjek penelitian. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa sebagai mahasiswa perantauan terdapat beberapa sumber stress yang muncul seperti permasalahan persiapan perkuliahan, permasalahan bahasa, masalah adaptasi dengan lingkungan maupun budaya daerah setempat, perasaan kesepian dan jauh dari rumah, serta perasaan jenuh. Semua permasalah tersebut ada yang di maknai sebagai sebuah ancaman dan hambatan tetapi ada juga permasalahan yang dimaknai sebagai tantangan, sehingga tidak semua permasalah tersebut membuat subjek mengalami stres. Selain itu terdapat beberapa strategi coping yang dipilih oleh subjek penelitian sebagai usaha mengurangi ataupun mengatasi sumber stress yang ada seperti, melakukan konfrontasi, mencari dukungan sosial, merencanakan pemecahan masalah, menilai kembali masalah secara positif, menerima tanggung jawab, dan lari /penghindaran dari maslaah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman terhadap stress, Coping Stress Strategy, mahasiswa baru asal Riau
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Dini Eka Pratiwi, -NIM 110610207
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorIlham Nur A, -NIDN 0001097603
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Mar 2024 02:28
Last Modified: 13 Mar 2024 02:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131327
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item