Pengaruh Pemberian Probiotik Sebagai Pakan Tambahan Terhadap Jumlah Dan Berat Telur Ayam “Dorab”

TRIYONO, - (2002) Pengaruh Pemberian Probiotik Sebagai Pakan Tambahan Terhadap Jumlah Dan Berat Telur Ayam “Dorab”. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
18. FULLTEXT.pdf

Download (4MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian probiotik sebagai bahan pakan tambahan pada ayam “Dorab” terhadap jumlah dan berat telurnya. Pada penelitian ini digunakan 40 ekor ayam “Dorab” betina umur 7 bulan. Penelitian dilakukan selama 5 minggu. Selama penelitian ayam ditempatkan pada kandang battery dengan ransum jagung kuning giling, bekatul, dan konsentrat. Pemberian air minum diberikan secara ad libitum. Penelitian dilakukan dengan menambahkan probiotik dalam air minum dengan 4 perlakuan. Kelompok PO sebagai kontrol. Kelompok P1 memperoleh formulasi 1 ml pro biotik/ liter air minum. Kelompok P2 memperoleh formulasi 2 ml pro biotik /liter air minum. Kelompok P3 memperoleh formulasi 3 ml pro biotik/ liter air minum. Parameter yang diamati dalam penelitian ini adalah berat dan jumlah telur ayam Dorab. Rancangan percobaan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan dianalisis dengan analisis Varian (Anava) dan dilanjutkan dengan uji Duncan. Hasil penelitian terhadap jumlah telur ayam “Dorab” perminggu perlakuan P2 dan P3 menunjukkan perbedaan yang sangat nyata dibandingkan Kontrol (P0) dan P1 akibat perlakuan (P < 0,01). Sedangkan dari berat telur diketahui bahwa perlakuan yang diberikan pada penelitian ini tidak berpengaruh nyata (P> 0,05) terhadap berat telur ayam “Dorab”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: probiotik; telur ayam
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > SF780.2-780.7 Veterinary microbiology, bacteriology, virology, mycology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan > Ilmu Kedokteran Hewan Dasar
Creators:
CreatorsNIM
TRIYONO, -NIM069311956
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorR TATANG SANTANU ADIKARA, -NIDN0016075304
ContributorKISMIYATI, -NIDN-
Depositing User: mrs siti muzaroh
Date Deposited: 14 Mar 2024 01:51
Last Modified: 14 Mar 2024 01:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131340
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item