Pola Keberfungsian Diri Lulusan S1 Universitas Airlangga Setelah Menyelesaikan Pendidikan Tinggi

Diana Dwi Jayanti, - (2011) Pola Keberfungsian Diri Lulusan S1 Universitas Airlangga Setelah Menyelesaikan Pendidikan Tinggi. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULL TEXT)
110610104.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana pola keberfungsian diri lulusan S1 Universitas Airlangga setelah menyelesaikan pendidikan tinggi yang didasarkan pada perspektif teori pendekatan kapabilitas Sen. Keberfungsian diri disini diartikan sebagai pencapaian aktifitas atau kondisi yang bernilai dalam hidup, yang dapat mengarahkan seseorang mencapai level kualitas hidup yang lebih tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunkan metode studi kasus kolektif yang dilakukan kepada lulusan S1 Universitas Airlangga. Jumlah subyek dalam penelitian ini sebanyak 6 orang yang dibagi menjadi 3 unit analisis. Tiga unit analisis dalam penelitian ini memiliki karakteristik: (1)telah bekerja, dengan pekerjaan yang sesuai pendidikan, (2) telah bekerja, dengan pekerjaan yang kurang atau tidak sesuai pendidikan, (3) belum bekerja. Metode penggalian data dalam penelitian ini menggunakan wawancara. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis tematik hibrid (deduktif-induktif). Hasil analisis data menunjukkan bahwa pola pencapaian keberfungsian diri lulusan S1 Universitas Airlangga setelah menyelesaikan pendidikan tinggi, tergantung pada pola agency diri lulusan dalam memanfaatkan kapabilitas set dan menyiasati faktor hambatan yang dihadapi. Pola agency diri ini terepresetasi melalui tipe-tipe motivasi yang mendasari setiap persepsi dan pemaknaan lulusan dalam memanfaatkan set kapabilitas untuk mencapai keberfungsian diri yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola Keberfungsian, Pendekatan Kapabilitas, Teori Determinasi Diri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2371-2372 Graduate education
Divisions: 11. Fakultas Psikologi > S1 Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Diana Dwi Jayanti, -NIM 110610104
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ContributorAryani Tri Wrastari, -NIDN 0024048101
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 13 Mar 2024 03:45
Last Modified: 13 Mar 2024 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131342
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item