Gatra Prima Rizqita, -
(2024)
Efektivitas Expressive Writing Untuk Menurunkan Stres Kerja Pada Guru Sekolah Dasar Inklusi X Di Surabaya.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah expressive writing efektif untuk menurunkan stres kerja pada guru salah satu sekolah inklusi di Surabaya. Satu set alat ukur JSQ (Job Stress Questionnaire) digunakan sebagai alat pengumpul data utama. Alat ukur sebanyak 13 aitem ini terdiri dari 8 aitem favorable serta 5 aitem unfavorable yang terbagi dalam 4 dimensi, yaitu Workload, Role Ambiguity, Role Conflict serta Utilization of Skill. Pengujian reliabilitas alat ukur dilakukan pada 41 orang subyek uji coba dan menunjukkan nilai Cronbach α sebesar 0,717 yang berarti cukup reliabel digunakan pada penelitian ini. Jumlah populasi penelitian sebanyak 20 orang namun sebanyak 15 orang yang berada pada kategori stres kerja sedang sampai tinggi sekali menjadi subyek dalam penelitian ini. Subyek kemudian diukur tingkat stres kerja sebelum dan setelah pemberian expressive writing. Setelah itu data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis statistik parametrik Independent Sample T-test dengan bantuan program SPSS v.16 for Windows. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa terdapat perbedaan antara skor stres kerja sebelum dan setelah pemberian perlakuan, baik pada kelompok eksperimen maupun pada kelompok kontrol. Besar taraf signifikansi 0,4455 lebih besar dari 0,05 (cut-off) sehingga perbedaan yang ada tidak cukup signifikan secara statistik. Nilai etasquared untuk menunjukkan besar effect size juga hanya 0,0015 yang berarti efek yang ditimbulkan sangat kecil. Hasil tersebut kemudian dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diterima adalah expressive writing tidak efektif untuk menurunkan stres kerja pada guru sekolah inklusi X di Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |