Laporan Pelaksanaan Magang Bidang Gizi Masyarakat Di Puskesmas Sumobito Kabupaten Jombang “Program Skrining Dini Kehamilan Risti Dini (Srikandi) Sebagai Upaya Deteksi Dini Dan Edukasi Kehamilan Risiko Tinggi Kepada Ibu Hamil Dengan Risiko Tinggi Dan Kek Di Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang”

Adisty Pavitasari, - (2019) Laporan Pelaksanaan Magang Bidang Gizi Masyarakat Di Puskesmas Sumobito Kabupaten Jombang “Program Skrining Dini Kehamilan Risti Dini (Srikandi) Sebagai Upaya Deteksi Dini Dan Edukasi Kehamilan Risiko Tinggi Kepada Ibu Hamil Dengan Risiko Tinggi Dan Kek Di Desa Budugsidorejo, Kecamatan Sumobito, Jombang”. Laporan Magang thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
LAPORAN INDIVIDU_ADISTY_034.pdf

Download (2MB)
Official URL: https://lib.unair.ac.id/wplib/

Abstract

Setelah dilakukan analisis prioritas masalah, diketahui bahwa masalah ibu hamil risiko tinggi dan KEK merupakan masalah dengan prioritas ke-2 di wilayah kerja Puskesmas Sumobito pada November 2019. 2. Intervensi yang dilakukan adalah dengan memberikan skrining dini dan edukasi kepada ibu hamil tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan dan kehamilan risiko tinggi serta meningkatkan kesadaran ibu hamil akan status kesehatan dan kehamilannya disertai dengan pemberian PMT ibu hamil pada wilayah dengan prevalensi ibu hamil KEK tertinggi yaitu di Desa Budugsidorejo 3. Terdapat peningkatan pengetahuan dan kesadaran terkait kehamilan risiko tinggi pada seluruh peserta program (100%) 4. Rata-rata hasil pre-test dan post-test menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan pada peserta setelah diberikan penyuluhan dari 2,5% menjadi 82,5%. Dan sebanyak 6 orang dari 8 orang peserta (75%) sudah sadar dan benar atas status kehamilannya termasuk risiko tinggi atau tidak. Hal tersebut didapatkan berdasarkan hasil dari pre test dan post test 5. Secara keseluruhan dapat disimpilkan bahwa intervensi program Srikandi berhasil.

Item Type: Thesis (Laporan Magang)
Uncontrolled Keywords: Gizi, Ibu Hamil, Program Srikandi Puskesmas
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA421-790.95 Public health. Hygiene. Preventive medicine > RA773-788 Personal health and hygiene
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Program Studi Gizi
Creators:
CreatorsNIM
Adisty Pavitasari, -NIM101611233034
Depositing User: shiefti dyah alyusi
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:19
Last Modified: 14 Mar 2024 03:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/131392
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item